TEMPO.CO, Bandung: Tidak memiliki waktu senggang atau tak adanya lokasi ibadah terkadang menjadi alasan bagi umat muslim untuk tidak menunaikan salat. Di Kota Bandung, Badan Amal Rumah Zakat dan Yayasan Masjid Nusantara meluncurkan Mobile Masjid untuk memudahkan umat muslim menjalankan ibadah salat. Mobile masjid ini beroperasi di 30 titik yang jauh dari tempat ibadah di Kota Bandung.

Selain itu, mobil ini dilengkapi dengan peralatan salat seperti karpet, mukena, sarung, sound system bahkan perlengkapan untuk berwudhu beserta toren berkapasitas 500 liter. Mobile Masjid juga menyediakan sejumlah keran air layaknya tempat berwudhu di lingkungan masjid. Direktur Yayasan Masjid Nusantara Muhammad Sobirin mengatakan, dengan semangat fastabiqul khoirot gagasan ini tercetus.

Pada kesempatan ini, Mobile Masjid juga melakukan takjil on the road yang dihadiri puluhan anak jalanan dan dhuafa dari Sekolah Cermat. Saat adzan magrib berkumandang, dengan sukarela petugas Mobile Masjid berkeliling dan membagikan takjil gratis pada masyarakat. Setelah itu mereka mengambil wudhu untuk melaksanakan salat Magrib.

Kegiatan takjil on the road itu juga dihadiri aktris Sarah Vi. Ia berpendapat selain memfasilitasi untuk salat, dengan Mobile Masjid ini, masyarakat juga dapat berbagi dengan anak-anak yang kurang mampu.

Mobile Masjid ini memfasilitasi sekitar 40-50 jemaah untuk satu kali salat. Sebagaimana fungsinya masjid, fasilitas ini juga dapat digunakan untuk salat Jumat. Tak hanya masjid on the spot, Mobile Masjid juga memiliki program lainnya, yakni bersih-bersih dan kalibrasi kiblat masjid.

Sumber : http://video.tempo.co/read/2015/06/24/3250/uniknya-mobile-masjid-solusi-ibadah-ditengah-keramaian