SIARAN PERS
Nomor : 64/SP/HM/BKKP/IV/2018

 

Jakarta – Dalam rangka memperingati hari jadi Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK) ke-27, akan diselenggarakan kegiatan Indonesia Science Day (ISD) 2018 yang akan berlangsung pada tanggal 20 s.d 22 April 2018 di Gedung PP – IPTEK, bertempat di area Komplek Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Bersamaan dengan acara ISD tersebut, PP-IPTEK juga akan meluncurkan 2 wahana baru, yaitu Self Balancing Wheel dan Stereo Visual. Peluncuran ini akan diresmikan langsung oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir.

“Kami memiliki kejutan di PP-IPTEK, yakni dua wahana baru, Self Balancing Wheel dan Stereo Visual yang akan diresmikan Menteri Nasir,” ujar Direktur PP- IPTEK Mochammad Syachrial Annas pada acara Coffee Morning bersama Jurnalis yang digelar di Kantor BPPT Thamrin, Jakarta (18/04).

Direktur PP- IPTEK mengatakan bahwa PP-IPTEK memiliki tanggung jawab yang besar terhadap generasi muda di Indonesia untuk lebih menggemari ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, Syachrial Annas berharap dilaksanakannya kegiatan ini dapat menumbuhkan kecintaan anak-anak Indonesia pada science.

“Tanggung jawab kami di PP-IPTEK saat ini berat, anak-anak sekarang lebih menyenangi ilmu sosial. Diharapkan kegiatan ini dapat menumbuhkan minat anak-anak Indonesia akan dunia science, dan mau menjadi scientist,” jelas Direktur PP-IPTEK.

Indonesia Scince Day (ISD) 2018 merupakan ajang untuk penemuan riset dan inovasi yang telah dilakukan oleh berbagai perguruan tinggi, lembaga litbang, dan industri di Indonesia kepada masyarakat. Ajang ini juga diharapkan menjadi wadah bagi perguruan tinggi, lembaga litbang, dan Industri untuk memberikan pendidikan iptek dan membuat lebih dekat dengan masyarakat, khususnya kalangan sekolah dan mahasiswa sebagai calon inovator iptek.

Kegiatan ISD 2018 ini akan menampilkan beberapa program sains, seperti kompetisi sains, pelatihan sains, talkshow, pertunjukan seni dan berbagai pertunjukan seni dan berbagi pertunjukan program sains interaktif antara lain : Puppet Show, Science Show, Robo Soccer Show, Water Rocket Show, Gastronomi Molekuler dan Eco Garden. Dan juga menyelenggarakan pameran yang diikuti oleh 41 lembaga, baik pemerintah maupun swasta yang terdiri dari 15 perguruan tinggi, serta 26 lembaga litbang.

ISD 2018 merupakan kali pertama yang diselenggarakan oleh PP-IPTEK, dengan melibatkan banyak pihak di bidang iptek. Mempertimbangkan animo dan antusias yang tinggi dari para perguruan tinggi, lembaga litbang dan industri, maka kegiatan ISD dicanangkan akan menjadi program tahunan PP-IPTEK. Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk penerapan fungsi PP-IPTEK sebagai Science Center pertama di Indonesia dalam mendukung tumbuhnya masyarakat yang inovatif dan sumber pembelajaran iptek masyarakat, khususnya generasi muda.

 

Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik
Dan
PP-IPTEK
Kemenristekdikti

Galeri