Bidang Kemahasiswaan Universitas Negeri Samarang (UNNES), Sabtu (12/11) mengadakan pengabdian kepada masyarakat di Desa Munggangsari, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr Bambang BR didampingi Staf Ahli, Kabag, Kasubbag, staf mawa, perwakilan UPT Konservasi, forum Unit Kegiatan Mahasiswa, dan Mahasiswa.

Menurut Bambang BR, kegiatan pengabdian dilakukan menindaklanjuti surat dan proposal dari kepala Desa Munggangsari kepada Rektor UNNES tentang permohonan kegiatan penghijauan karena desa tersebut memiliki kerawanan bencana tanah longsor.

Mengingat Kabupaten Magelang telah memiliki perjajian kerjasama dengan UNNES, maka permintaan dari desa ditindaklanjuti dengan kegiatan pengabdian dalam bentuk penanaman 750 tanaman buah, penataan taman sekolah, pelatihan ibu-ibu PKK dalam pengolahan makanan yang sehat, dan sosialisasi beasiswa.

Kades Munggangsari Suyanto, sangat berharap desanya menjadi desa binaan UNNES karena selain rawan bencana, desa ini memiliki potensi wisata alam yang belum tergarap selama ini, alam pegunungan yang indah, curug yang eksotis tetapi belum mampu dikelola oleh masyarakat.

“Tidak hanya menanam, tapi peliharalah. Tidak hanya peliharalah, tapi ambillah nilai dari itu. Sebab, menanam pohon pada nilainya adalah menanam harapan meneguhkan karakter konservasi,” ujar Rektor UNNES Prof Fathur Rokhman. (humas/unnes)