Siaran Pers
Nomor : 170/SP/HM/BKKP/VIII/2019

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir melantik Rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Kemenristekdikti. Upacara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan dilaksanakan dengan khidmat di Ruang Auditorium Gedung D Kemenristekdikti, Jakarta (29/8).

Rektor dan Pimpinan Tinggi Pratama yang dilantik Menristekdikti Mohamad Nasir hari ini yaitu:

  1. Syamsul Gultom dilantik menjadi rektor Universitas Negeri Medan periode periode 2019-2023
  2. Fatah Sulaeman dilantik menjadi rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa periode 2019-2023
  3. Adam Fuadi dilantik menjadi Inspektur I Inspektorat Jenderal Kemenristekdikti
  4. Ardhien Nissa Widhawati Siswojo dilantik menjadi Kepala Biro Hukum dan Organisasi Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti
  5. Andi Lukman dilantik menjadi Sekretaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX
  6. Nuril Furkan dilantik menjadi Sekretaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II

Dalam sambutannya, Menristekdikti mendorong pejabat yang baru dilantik untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik di unit kerja masing-masing. Para Rektor dan Pimpinan Tinggi Pratama yang baru dilantik juga diharapkan mampu melaksanakan reformasi birokrasi sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat ditingkatkan.

“ Dengan reformasi birokrasi yang dilaksanakan secara konsisten, kita menginginkan profil birokrasi di lingkungan Kemenristekdikti adalah birokrasi yang profesional, transparan, dan akuntabel. Dengan reformasi birokrasi, akan tercipta kualitas pelayanan publik yang lebih cepat, lebih aman, dan lebih mudah terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat, “ ujar Menristekdikti.

Menteri Nasir mengatakan tolok ukur utama keberhasilan pelaksanaan reformasi birokrasi adalah masyarakat mendapatkan pelayanan publik yang baik, yang ditandai dengan kelancaran pelayanan dan hilangnya keluhan-keluhan masyarakat.

Menteri Nasir mengingatkan bahwa jabatan adalah sebuah amanah. Semua pejabat dan pegawai di lingkungan Kemenristekdikti harus menjauhi tindak korupsi dan bekerja dengan mengutamakan profesionalitas.

“ Tidak bosan-bosan saya ingatkan kembali, bahwa dalam setiap pelaksanaan kegiatan dan anggaran, selalu utamakan profesionalitas. Jauhi korupsi dan patuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku, “ tutur Menristekdikti.

Dalam kesempatan ini, Menristekdikti mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada pejabat sebelumnya dan selamat bertugas kepada pejabat yang baru di lantik.

“ Saya selaku Menteri menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Saudara Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd selaku Rektor Universitas Negeri Medan periode 2015-2019, Saudara Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd selaku Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa periode 2015-2019, Saudari Ani Nurdiani Azizah selaku Kepala Biro Hukum dan Organisasi Sekretariat Jenderal Kemenristekdikti sebelumnya; atas kerja keras dan kerja sama yang padu-harmoni, serta pengabdian yang tidak mengenal lelah,” tutup Menristekdikti.

Bertindak sebagai saksi pada pelantikan adalah Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Ainun Na’im dan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Muhammad Dimyati. Upacara pelantikan ini juga dihadiri oleh Direktur Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Ali Ghufron Mukti, Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti Patdono Suwignjo, Plt. Inspektur Jenderal Yusrial Bachtiar, Pejabat Eselon II di Lingkungan Kemenristekdikti dan tamu undangan lainnya.

Nita Nurita, Heni Sukmawati, Firman Hidayat, dan Dwi Yunanto
Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik
Kemenristekdikti