Pekanbaru- Jalan sehat dalam rangka menyongsong Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-23 berlangsung meriah pada Minggu (5/8) pagi. Acara yang dimulai dengan senam poco-poco kemudian dilanjutkan jalan sehat dengan rute melalui jalan Gajah Mada dan jalan Diponegoro Kota Pekanbaru ini diikuti kurang lebih sekitar 15.000 peserta baik dari masyarakat sekitar Kota Pekanbaru, pegawai Pemerintah/instansi di daerah Provinsi Riau, pegawai Kemenristekdikti.

Jalan sehat kali ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hakteknas ke-23 yang akan diselenggarakan di areal sekitar Rumah Dinas Gubernur Riau dengan tema Inovasi untuk Kemandirian Pangan dan Energi. Booth-booth yang juga tampil untuk mendukung perhelatan Hakteknas ke-23, juga dapat disaksikan oleh masyarakat Pekanbaru di sepanjang jalan tersebut.

Sesjen Kemenristekdikti Ainun Na’im yang membuka acara jalan sehat bersama Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengatakan bahwa acara jalan sehat merupakan salah satu cara mempromosikan Hakteknas ke-23 yang akan dilaksanakan pada 10 Agustus nanti di Kota Pekanbaru, sekaligus membangkitkan dan menambah kembali semangat inovasi di daerah. Acaranya sendiri menurut Ainun dikemas bersamaan dengan Car Free Day (CFD) Kota Pekanbaru yang biasanya memang dilaksanakan setiap akhir pekan.

“Dengan jalan sehat ini, Kami bersama Pemprov Riau ingin mempromosikan Hakteknas ke-23 sekaligus pameran Ritech Expo, dimana akan menampilkan benda-benda inovasi yang tidak hanya dari daerah sekitar Riau, tetapi juga daerah/instansi lain yang memiliki benda-benda teknologi inovatif,” terangnya.

Ainun juga tekankan pentingnya peran Perguruan Tinggi maupun para peneliti di daerah untuk terus menghasilkan sesuatu yang baru dan inovatif. “Bila dikaitkan dengan tema kali ini, diharapkan inovasi dalam bidang pangan dan energi banyak tercipta, sehingga negara kita mandiri dalam kedua bidang tersebut,” pungkasnya.

Sementara Rani dan Hendra, peserta jalan sehat, katakan bahwa kegiatan jalan sehat untuk Hakteknas sangat seru, karena juga diisi games dan quiz.

“Wah, jalan sehat Hakteknas ini seru sekali, banyak lagi hadiah yang disiapkan, terutama hadiah sepeda motor. Tadi juga sempat main ke booth Ritech Expo nari bareng finalis bujang dara riau 2018, booth PPIPTEK untuk coba gyroextreme, seru banget pokoknya,” tutur keduanya sambil sumringah.

Puncak peringatan Hakteknas ke-23 sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2018 nanti dan rencananya akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo.

Inovasi, Bangun Bangsa!

Galeri