Sekolah Vokasi (SV) UGM mengirimkan 10 mahasiswanya untuk mengikuti program pertukaran mahasiswa di Korea Selatan.

Kesepuluh mahasiswa tersebut teridri dari 8 mahasiswa prodi D3 Bahasa Korea dan 2 mahasiswa prodi D3 Bahasa Inggris. Mereka mendapatkan kesempatan untuk belajar di Gangneung Wonju National University, Kyungnam University, dan Kangwon University.

“Empat mahasiswa akan belajar di Gangneung Wonju National University, dua di Kyungnam University, dan empat di Kangwon University,” jelas Kepala prodi Bahasa Korea, Supriadianto, S.S., M.A., Kamis (8/2)

Adi mengatakan dalam program pertukaran mahasiswa ini, kesepuluh mahasiswa SV UGM akan belajar antar 6 bulan hingga 1 tahun. Dalam program ini beberapa mahasiswa mendapatkan beasiswa secara penuh dan mendapatkan bantuan biaya pendidikan, bantuan biaya hidup di Korea, tiket pesawat pp, dan asrama. Sementara beberapa lainnya hanya menerima bantuan biaya pendidikan saja.

“Melalui program pertukaran mahasiswa ini mereka juga bisa belajar budaya Korea dan juga ajang mengasah komunikasi, kepemimpinan dan membangun jejaring internasional,” jelas Adi.

Menurut rencana delegasi dari SV UGM dijadwalkan berangkat menuju Korea Selatan pada 28 Februari mendatang. Sebelumnya, mahasiswa telah dilepas secara langsung oleh Dekan SV UGM, Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D., didampingi Kepala Departemen Bahasa Seni dan Manajemen Budaya (DBSMB) Dr. Endang Soelistiyowati, M.Pd. , Kepala Program Studi Bahasa Korea Supriadianto, S.S, M.A., serta Manager KUI Andri Handayani, S.S., M.A pada 19 Januari 2017 lalu. (Humas UGM/Ika)