(Jakarta, 23/01/2018) Kondisi Reaktor Serbaguna GA. Siwabessy yang berada di Kawasan Nuklir Serpong, Tangerang Selatan dalam kondisi aman dan terkendali pasca gempa berkekuatan 6,4 SR yang baru saja terjadi, Selasa (23/01) pukul 13.34 wib yang berpusat di 81 km arah barat daya Lebak Banten pada kedalaman 10 km. Hal ini disampaikan Kepala Pusat Reaktor Serba Guna (PRSG) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Heru Umbara setelah melakukan pemantauan terhadap seluruh parameter yang ada di reaktor.

“Saat ini reaktor masih beroperasi dengan normal. Setelah terjadi gempa, kami langsung melakukan pemantauan terhadap seluruh parameter operasi reaktor dan semuanya dalam keadaan normal. Sensor gempa di ruang kendali utama dan ruang kendali darurat menyala yang menandakan telah terjadi gempa,” kata Heru Umbara.

Pada saat tejadi gempa, Heru Umbara menambahkan reaktor dalam keadaan beroperasi dan sensor gempa menyala. Ini menandakan seluruh sistem berjalan dengan baik.

Sesuai dengan jadwal operasi reaktor, sore ini tepatnya pukul 16.00 wib, reaktor akan shutdown dan akan dipantau secara terus menerus dan menyeluruh untuk mengetahui dampak gempa terhadap kondisi reaktor.

Reaktor GA Siwabessy merupakan reaktor riset berkapasitas 30MW yang dibangun sejak tahun 1987 dan sampai saat ini masih dalam kondisi baik dan berfungsi secara normal. (pur)

sumber: http://www.batan.go.id/index.php/id/kedeputian/pendayagunaan-teknologi-nuklir/reaktor-serba-guna/4016-reaktor-ga-siwabessy-dalam-keadaan-aman-pasca-gempa-6-4-sr