Dua produk inovasi Universitas Ubudiyah Indonesia yang diperlombakan di World Innovation and Invention Contest (WiC) 2015 pada 6-7 Juni 2015 di Seoul, Korea Selatan berhasil menyabet medali . Kedua konsep produk inovasi yang memenangin anugerah emas itu adalah produk inovasi Smart Parking System Menggunakan Unity-4. Model ini dikembangkan oleh Dosen UUI Zuhar Musliyana, Zahrull Maizi dan Mahasiswa Program Studi Teknologi Informasi Alfiz Zikra.   Informasi tersebut disampaikan Direktur Kerjasama Internasional Asia Invention Association (AIA), Moonsuk Chang selaku penyelenggara WiC 2015, Senin (8/6) melalui surat elektronik ke Direktorat Kerjasama UUI.

Produk lainnya yang juga sukses meraih medali emas  adalah Digital Forensics and Post-Incident Identification yang dikembangkan Ketua Program Studi Teknologi Informasi UUI UUI Nurul Hamdi ST MKom, M. Agessy Barrazi SST yang juga melibatkan mahasiswa Alfi Wahyu Ramzam.

Sedangkan dua produk lainnya, masing-masing aplikasi tranlasi Bahasa Aceh ke Bahasa Indonesia ARGOT berbasis Android karya Zalfie Ardian sukses menyabet medali perak. Demikian juga produk inovasi konsep jaringan komunikasi pada tahap darurat bencana yang digagas Zahrul Maizi, Nani Eliza dan Deny Joefakri juga diganjar medali perak.

Rektor UUI Marniati SE MKes menyampaikan selamat kepada para dosen UUI yang sukses meraih medali emas dan perak di ajang WiC 2015 di Seuol, Korea Selatan. Medali ini kata Rektor merupakan pembuktian bagi konsep-konsep inovasi yang dikembangkan oleh perguruan tinggi di Aceh ternyata mendapat pengakuan di tingkat dunia.

“Ini adalah hasil yang positif buat UUI. Saya berharap kesuksesan empat dosen UUI ini dapat menjadi inspirasi bagi seluruh sivitas akademika UUI, untuk lebih giat lagi berkreasi mengembangkan berbagai produk inovasi di masa mendatang,”kata Rektor. Ke depan, kata Rektor lagi, UUI akan terus berpartisipasi di berbagai kegiatan inovasi baik di kawasan Asia maupun Eropa. Ditambahkannya, keikutsertaan UUI diajang pameran inovasi internasional di Korea Selatan adalah yang kedua, setelah sebelumnya pada Maret lalu, UUI juga ikut ambil bagian pada kegiatan I-ENVEX di Malaysia.