Dalam upaya mencapai visi 2020 yaitu Politeknik Negeri Pontianak sebagai salah satu perguruan tinggi vokasi yang terbaik dan terpercaya baik di tingkat nasiona maupun internasiona, mulai tahun 2018 akan membuka kelas internasional/International Class Program (ICP). International Class Program (ICP) ini merupakan kerjasama antara Politeknik Negeri Pontianak dengan Management & Science Univerity (MSU) Malaysia yang akan meliputi program gelar ganda (double degree) untuk tingkat D3 dan S1 dan program percepatan (fast track) S2.

Menurut Ketua Hubungan Internasional Politeknik Negeri Pontianak M. Ali mengatakan, sistem pendidikan atau program yang ditawarkan diantaranya adalah 3 tahun mengikuti pendidikan di Politeknik Negeri Pontianak dan 1 tahunnya di Management & Science University (MSU) Malaysia memperoleh gelar S1 dan pilihan ke duanya adalah 3 tahun pendidikannya di Politeknik Negeri Pontianak dan 2 tahun di Malaysia dengan memperoleh gelar S2.  Dijelaskannya, bahwa setiap semester dan setiap program studi dosen dari dari MSU akan memberikan kuliah juga di Politeknik Negeri Pontianak.

Ali mengatakan bahwa untuk merealisasikan kelas internasional, Direktur Politeknik Negeri Pontianak telah menandatangani MoU dengan Management & Science University (MSU) di Kuala Lumpur Malaysia pada hari Selasa, 17 Juli 2018, tepatnya di kampus Management & Science University (MSU). Penandatangan MoU, Direktur didampingi Pembantu Direktur II, Pembantu Direktur IV bidang kerjasama. Ketua Jurusan Akuntansi, Ketua Jurusan Teknik Mesin dan Ketua Jurusan Teknik Elektro. Dari pihak Mamangement & Science University (MSU) adalah Presiden MSU Prof. Tan Sri Dato’ Wira DR Mohd Shukri Abdul Yajid.

Dijelaskan Ali, Program studi yang ditawarkan kelas internasional diantaranya Teknik Mesin, Akuntansi, Administrasi Bisnis, Teknik Informatika. Untuk tahap awal akan menerima siswa sebanyak 20 orang. Pendaftaran dibuka dari tanggal 01 Agustus sampai 16 Agustus 2018 di bagian Akademik Politeknik Negeri Pontianak.

(Erwandi – Pranata Humas Muda)