Latih TP PKK dan Poktan Lidah Buaya Dusun Sidomulyo

 

TIM Politeknik Negeri Pontianak Jurusan Teknologi Pertanian mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui program kemitraan masyarakat di Dusun Sidomulyo, Desa Limbung, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, Sabtu, 28 April 2018. Di sana, Tim Polnep memberikan pelatihan dan pembimbingan kepada Tim Penggerak PKK dan Kelompok Tani Lidah Buaya

 

Kegiatan ini dikoordinir oleh Mufliha Ramadhia STP MP dan Dr. Abdullah.

Mufliha mengatakan kegiatan ini merupakan pengejawantahan dari hasil penelitian yang pernah dilakukan dan diaplikasikan dalam bentuk sharing kepada kelompok tani dan PKK Dusun Sidomulyo. Harapannya menjadi sumber inspirasi bagi kelompok yang dibina dalam pengembangan diversifikasi olahan lidah buaya yang merupakan komoditi lokal tersedia.

 

Mufliha menambahkan kegiatan ini dibiayai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Jendral Penguatan Riset dan Pengembangan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi tahun 2018. Kegiatan ini disambut baik oleh Mitra PKM yang tergabung dalam Kelompok PKK dan Kelompok Tani Dusun Sidomulyo.

 

Tim Penggerak PKK yang diketuai oleh Dwi Murniati memberikan respon positif terhadap kegiatan ini. Ini merupakan kegiatan yang inspiratif bagi kami dalam melakukan pengembangan dan keterampilan olahan lidah buaya. Pada kegiatan ini kami mendapatkan ilmu olahan pangan berupa selai, sirup, cookies, permen jelly, pudding dan teh lidah buaya. Kami berharap kegiatan ini merupakan awal dari munculnya jiwa kewirausahaan bagi kelompok yang dibina, sehingga kami dapat meningkatkan pendapatan keluarga,” ungapknya. Lebih lanjut diungkapkannya, ke depan kami berharap Tim Polnep tidak berhenti untuk memberikan pelatihan pada kelompok PKK. Karena apa yang diberikan kepada kami sekarang ini sangat terbantu, terutama bagi ibu-ibu untuk mengolah hasil tanamnya yang dapat menambah pendapatan keluarga. Kedepan kami berharap Polnep terus memberikan bimbingan ke pada penggerak PKK agar keterampilan semakin baik, harapnya.

(Erwandi – Pranata Humas Muda)