Tim mobil listrik dari Politeknik Negeri Semarang (Polines) berhasil meraih juara umum II (dua) di ajang Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) IX yang berlangsung di kampus Politeknik Negeri Bandung (Polban), Sabtu (25/11). Tim Polines yang berjuluk “Green Peanuts” dengan mobil listrik Abimanyu berhasil meraih 3 gelar yakni juara ke-1 Uji Efisiensi, juara ke-2 Uji Slalom, dan Juara ke-3 Uji Kecepatan.
Direktur Polines, Ir. Supriyadi, MT, terus mendorong dan mendukung mahasiswa untuk ikut dalam berbagai lomba maupun kompetisi. Hal ini penting untuk meningkatkan kemampuan kreativitas & inovasi. Disamping kemampuan tersebut, komunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan sangat diperlukan saat masuk dunia kerja,” terang Supriyadi. Nilai kerjasama, kepedulian, budaya kerja dan kreativitas dapat diperoleh saat mahasiswa mengikut berbagai kegiatan kompetisi.
Ketua Tim Polines, Dian Prasetyo, mahasiswa jurusan teknik mesin Polines, mengucap syukur atas prestasi yang telah diraih. “Ini buah kerja keras tim,” ujarnya. Tanpa dukungan dan kerjasama tim yang solid, mustahil bisa berhasil maksimal. Meski dengan waktu persiapan yang mepet, dapat berangkat ikut kompetisi dengan hasil yang tidak mengecewakan.
Sedangkan Isnandar Rochman, selaku driver tim mobil listrik Polines mengaku puas atas hasil yang diraih. “Terbayar lunas,” ungkapnya bangga. Tanggung jawab besar dipikul di pundaknya. Sebagai driver, ia punya peran dalam hal menyajikan penampilan terbaik mobil listrik hasil kerja tim. Semua lini, baik bidang permesinan maupun kelistrikan bersinergi untuk menghasilkan performa terbaik. Adapun catatan yang diraih tim Polines adalah Juara 1 uji efisiensi dengan konsumsi daya 76 watt hour, Juara II Uji slalom dengan waktu tempuh 5,11 detik dan melewati 4 police cone dan juara III uji kecepatan, jarak tempuh 10 km berhasil ditempuh dalam waktu 13 menit 2 detik.
KMLI kali ini diikuti oleh 24 tim dari 21 Perguruan Tinggi se- Indonesia, memperlombakan 6 kategori diantaranya daya tanjak, percepatan, pengereman, slalom, kecepatan dan efesiensi. Sementara kategori tambahan diantaranya poster dan persentasi terbaik, pengemudi terbaik, tim terbaik, mobil dengan desain dan teknologi terbaik serta rancangan konstruksi terbaik. Hasil lomba KMLI IX, Juara Umum I STTNAS Yogyakarta, Juara Umum II Polines, dan Juara Umum III Politeknik Negeri Madura (Poltera).
Margana,ST,M.Eng, selaku dosen pembimbing berharap kepada mahasiswa untuk terus berkarya. “Jangan puas sampai disini,” ungkapnya. “Meski prestasi tahun ini meningkat dibanding tahun kemarin, namun kedepan persaingan tentu semakin ketat. Prestasi ini mengulang capaian di ajang sama 5 (lima) tahun yang lalu. Evaluasi dan persiapan perlu dimulai jauh-jauh hari,” imbuhnya. Kedepan, harapnya, dukungan dana yang memadai perlu untuk mempersiapkan mobil dan tim yang lebih optimal. Karena adanya perubahan regulasi lomba oleh penyelenggara kompetisi, pungkasnya.

Sumber: Humas Polines