#Siaran Pers Kemenristekdikti
Nomor : 55/SP/HM/BKKP/IV/2017

Jakarta-Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir melantik empat Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada Kamis (14/9/2017) di Auditorium Lantai 2 Gedung D Kemenristekdikti, Senayan. Adapun empat pimpinan PTN yang dilantik antara lain Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST., MT. sebagai Rektor Universitas Cenderawasih, Dr. Bachtiar Akob, M.Pd sebagai Rektor Universitas Samudera, Dr. Hj. Mufrida Zein, S.Ag., M.Pd. sebagai Direktur Politeknik Negeri Tanah Laut, dan Dr. Arman Jaya, ST., MT. sebagai Direktur Politeknik Negeri Madura. Keempatnya akan menduduki jabatan tersebut untuk masa periode 2017-2021.

Dalam sambutannya, Menristekdikti mengatakan bahwa perkembangan teknologi kini berkembang sangat pesat sehingga kita harus mengantisipasi adanya perubahan yang mengikutinya. Dalam hal pengelolaan perguruan tinggi, kerja keras bersama sangat dibutuhkan agar dapat mencapai perguruan tinggi yang didambakan oleh masyarakat.

Menurut hasil survey Centre for Strategic and International Studies (CSIS), tingkat kepuasan publik atas kinerja Pemerintahan Jokowi-JK dalam tiga tahun terakhir mengalami peningkatan. Paralel dengan hal tersebut, Menristekdikti mengucapkan terima kasih atas kinerja seluruh elemen di Kemenristekdikti dalam mendukung pemberian layanan riset, teknologi, dan pendidikan tinggi kepada publik sehingga masyarakat meningkat kepuasannya. Hal ini dibuktikan dengan persepsi responden yang merasakan perbaikan pelayanan dan kualitas pendidikan sebesar 94,6%.

“Saya berharap, dengan kepemimpinan baru ini, para Rektor dan Direktur Politeknik yang baru saja dilantik, dapat memberikan energi baru dan menjaga semangat kinerja ini agar tetap dan bahkan ditingkatkan sehingga kita dapat memberikan pelayanan yang lebih berkualitas dan efisien kepada masyarakat,” ujar Nasir.

Selanjutnya, terkait dengan pemanfaatan teknologi, Nasir mengungkapkan bahwa nantinya seluruh perguruan tinggi di Indonesia harus memanfaatkan e-library, tidak lagi perpustakaan biasa. Hal ini demi menghemat pembiayaan yang ada di masing-masing perguruan tinggi.

“Tidak perlu lagi perguruan tinggi berlangganan e-jurnal. Saya akan minta nanti Telkom untuk pasang jaringan internet ke perguruan tinggi agar semua bisa memanfaatkannya,” kata Nasir.

Terakhir, kepada para rektor dan direktur yang dilantik, Menristekdikti berharap agar mereka bekerja keras memajukan perguruan tingginya masing-masing. “Perguruan tinggi adalah motor penggerak kemajuan di masing-masing daerah,”pungkasnya.