The APEC Science Prize for Innovation, Research and Education (“ASPIRE”) merupakan penghargaan tahunan yang diperuntukkan bagi peneliti muda yang membuktikan komitmen besar terhadap dunia penelitian melalui publikasi ilmiahnya serta menjalin kerja sama dengan para peneliti dari anggota ekonomi APEC.

Pada tahun 2020 ini, APEC ASPIRE mengusung tema “Biodiversity for a Prosperous Economy”.  Tema tersebut menekankan kontribusi para peneliti terkait keanekaragaman hayati dalam upaya mendorong kesejahteraan ekonomi di wilayah APEC melalui peran kegiatan penelitian yang mendukung kehidupan masyarakat lokal,  obat-obatan modern serta perkembangan ekonomi.

Kemenristekdikti selaku focal point APEC Policy Partnership for Science, Technology and Innovation (PPSTI) akan melakukan seleksi untuk menentukan 1 (satu) orang finalis peneliti muda dari Indonesia yang akan dikompetisikan dengan peneliti muda dari ekonomi APEC lainnya dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Peneliti berusia tidak lebih dari 40 (empat puluh) tahun sampai batas tanggal 31 Desember 2020.
  2. Dapat menyampaikan komitmen penelitian ilmiahnya dan menjalin kerja sama dengan para peneliti dari anggota ekonomi APEC di bidang penelitian seperti: biologi, kimia, ilmu lingkungan, fisika dan topik lainnya yang relevan. 
  3. Melampirkan jumlah publikasi ilmiah dan indeks sitasi.  

Pemenang APEC ASPIRE 2020 akan mendapatkan hadiah sebesar USD 25,000 yang disponsori oleh Wiley and Elsevier.

Peneliti muda yang berminat dan memenuhi kualifikasi dapat mengirimkan formulir pendaftaran beserta dokumen pendukung lainnya (hard dan soft file) yang terdiri dari CV, satu surat rekomendasi dan foto (tidak lebih dari 250*300 pixel) paling lambat tanggal 20 April 2020 yang dikirimkan kepada:

Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik

Kementerian Riset dan Teknologi/ Badan Riset dan Inovasi Nasional

Gedung B.J Habibie Lt. 18

Jl. M.H. Thamrin  No. 8 Jakarta Pusat

Telp: (021) 316 9684

Email: kerjasama@ristekbrin.go.id

Adapun informasi lebih lanjut dan formulir pendaftaran dapat unduh di sini:

https://www.apec.org/aspire/aspire2020