Pemerintah India melalui Federation of India Chambers of Commerce and Industry (FICCI)telah menyampaikan informasi tawaran program AIRFTF yang diselenggarakan Pemerintah India melalui kerja sama antara Department of Science and Technology, India dan FICCI. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas bagi para peneliti muda di kawasan ASEAN, mempromosikan mobilitas peneliti dan ilmuwan, memfasilitasi pertukaran informasi, kontak dan jejaring kolaborasi penelitan bagi jenjang S2 dan S3.

Para penerima beasiswa akan melakukan proyek penelitian di bawah bimbingan lembaga riset di India dalam rangka mempromosikan iptek dengan durasi penelitian selama 2-6 bulan di India. Persyaratan program AIRTF terdiri dari:

  1. Pelamar adalah warga negara di wilayah ASEAN;
  2. Lulusan S2 bidang IPA atau pendidikan yang sederajat di bidang teknologi, teknik, kesehatan atau disiplin ilmu yang relevan;
  3. Batas usia pelamar maksimal 45 tahun saat mengajukan aplikasi; dan
  4. Pelamar adalah mereka yang bekerja di bawah lembaga penelitian atau perguruan tinggi.

Pihak penyelenggara akan membiayai tiket ekonomi pp, beasiswa perbulan sebesar INR 50.000 untuk periode 6 bulan dan one time grant sebesar INR 40.000. Untuk informasi lebih lanjut dapat mengakses https://aistic.gov.in/ASEAN/aistdfFellowship atau menghubungi melalui Mr. Nirankar Saxena, Deputy Secretary General, FICCI (Email: nianrkar.saxeba@ficci.com).

Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi

2019