Program 2019 APEC Science Prize for Innovation, Research and Education (ASPIRE) telah diluncurkan kembali oleh APEC Policy Partnership on Science, Technology and Innovation (APEC PPSTI). Program tahunan ini merupakan penghargaan yang diberikan kepada peneliti muda yang mempunyai capaian luar biasa di bidang penelitiannya.

Pada tahun ini APEC ASPIRE mengusung tema Natural Laboratories. Tema tersebut berfokus pada bagaimana para peneliti di ekonomi APEC dapat mengembangkan penelitian berdasarkan penemuan di alam yang merupakan laboratoriun alam.

Kemenristekdikti selaku focal point APEC PPSTI akan melakukan seleksi untuk menentukan 1 (satu) orang finalis peneliti muda dari Indonesia yang akan dikompetisikan dengan peneliti muda dari ekonomi APEC lainnya dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Peneliti yang dikirim berusia tidak lebih dari 40 (empat puluh) tahun sampai batas tanggal 31 Desember 2019.
  2. Para nominator harus dapat menyampaikan komitmen untuk penelitian ilmiah dan kerja sama dengan para peneliti dari anggota ekonomi APEC dalam berbagai topik seperti: biologi, kimia, ilmu lingkungandan topik lainnya yang relevan. Selain itu, juga melampirkan jumlah publikasi ilmiah dan indeks sitasi.  

Hadiah utama sebagai pemenang dari 2019 APEC ASPIRE akan diberikan hadiah sebesar USD 25,000.

Bagi yang berminat, silahkan mengirimkan formulir pendaftaran beserta dokumen pendukung lainnya yang terdiri dari CV, satu surat rekomendasi dan foto (tidak lebih dari 250*300 pixel) paling lambat tanggal 17 Mei 2019 yang dikirimkan kepada:

Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Gedung II BPPT Lantai 18

Jl. M.H. Thamrin  No. 8 Jakarta Pusat

Telp: (021) 316 9684

Email: kerjasama@ristekdikti.go.id

Adapun informasi lebih lanjut dan formulir pendaftaran dapat unduh di sini:

https://www.apec.org/aspire/aspire2019