Menjalani pekerjaan sebagai pengemudi ojek online tak menghalangi pria ini untuk mengejar pendidikan yang lebih tinggi. Terbukti, sembari menjadi ‘driver’,  pria bernama Ricko ini berhasil menjadi sarjana dengan nilai yang tinggi.

Pria berusia 22 tahun bernama lengkap Elrick Ricko Tendean ini telah lulus sebagai predikat cum laude dengan Nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) terakhir mencapai 3,59.

Sebagai Lulusan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT), Manado, Sulawesi Utara pada Wisuda Tahun 2017 ini, juga terdaftar sebagai penerima beasiswa Bidikmisi dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Elrick menyampaikan, alasannya menjadi pengemudi ojek online tersebut karena saat ini dirinya menjadi tulang punggung keluarga setelah kepergian ayahnya.

“Ayah saya lah yang selama ini bersemangat untuk melihat diri saya menjadi seorang sarjana suatu saat nanti. Saya sempat tidak bersemangat untuk kuliah setelah kepergian saya,” ujarnya.

Setelah kepergian ayahnya, ia harus memutar otak untuk memenuhi kebutuhan kuliahnya, terutama dalam menyusun tugas akhir. Terlebih, ibu serta ketiga kakaknya yang tinggal di Minahasa tak dapat memenuhi seluruh kebutuhan kuliah Ricko di Manado.

Untuk ke depannya, Elrick mengaku akan melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi yaitu S2 dalam 2-3 tahun mendatang.

Sumber berita: Humas UNSRAT dan detik.com