Sumenep – Di era revolusi industri 4.0 proses pendidikan semakin berkembang, perlu dilakukan peningkatan pelayanan suatu lembaga pendidikan untuk dapat melahirkan lulusan-lulusan yang berkualitas, mampu berdaya saing, serta berakhlak baik. Salah satunya adalah di Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep.

Dalam kunjungan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) meresmikan Institut Sains dan Teknologi (IST) Annuqayah yang terletak di Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep, Selasa (12/6), juga didampingi oleh ketua Koordinator Kopertis Wilayah VII Suprapto, Ketua Koordinator Kopertis Wilayah IV Surabaya Abd. A’la, Bupati Kab. Sumenep Abuya Busyro Karim, Komando Distrik Militer (kodim) Sumenep yang mewakili, Kapolres Sumenep yang mewakili, pejabat Eselon II dan III di lingkungan Kemenristekdikti, Staf Ahli Menristekdikti dan seluruh civitas akademika Annuqayah.

Peresmian yang ditandai dengan pemberian Surat Keputusan (SK) Izin Operasional IST Annuqayah oleh Menristekdikti M. Nasir kepada Yayasan Annuqayah yang diterima oleh Dewan Masyaikh Annuqayah KH. Abd Muqsith Idris, kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti di Aula As-Syarqawi IST Annuqayah.

Melihat kemaritiman dan pertanian Indonesia yang sangat luas, Menteri Nasir menilai Pondok Pesantren Annuqayah sudah sangat tepat mendirikan IST, sebab beberapa program studi yang diajukan sangat penting untuk menjawab persoalan bangsa Indonesia saat ini. Salah satunya di bidang pertanian dan Teknologi Informasi yang juga diharapkan mampu mengatasi persoalan berita hoaks yang belakangan marak di Indonesia.

“IST Annuqayah sangat tepat dalam memilih pendirian prodi yang dapat meningkatkan kesejahteraan dan juga memperbaiki ekonomi masyarakat melalui pendidikan kedepannya,” tutur Nasir.

Dan sejalan dengan Program Kemenristekdikti yang utama yaitu pangan dan pertanian, IST Annuqayah diharapkan dapat melaksanakan proses pendidikan yang baik sehingga dapat mengangkat derajat dan kesejahteraan masyarakat Sumenep khususnya.

“Mudah-mudahan IST Annuqayah menjadi perguruan tinggi yang dapat mendorong lahirnya manusia-manusia yang berkualitas,” tutup Menteri Nasir.

Bumi Annuqayah adalah bumi yang damai dan sejuk, mudah-mudahan Kehadiran IST Annuqayah dapat mengabdi kepada masyarakat sebagai lembaga yang dapat meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat Sumenep dan Sekitarnya.

 

Widiasmi Pangestika
Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik
Kemenristekdikti