JAKARTA – Mulai tahun ini, peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina tidak hanya adu jago teori ilmiah. Mereka juga bisa memamerkan berbagai inovasi. Pasalnya, ada kategori baru yaitu Proyek Sains. Perwakilan dari Pertamina, Freddy Anwar, menjelaskan, tahun ini kategori tersebut mengusung tema “Energi Baru dan Terbarukan”. Animo peserta pun cukup baik mengingat seleksi kategori anyar tersebut diikuti 357 peserta. Kategori teori sendiri diikuti sekira 26 ribu peserta di seluruh Indonesia.

“Tahun ini OSN Pertamina juga bekerjasama dengan perguruan tinggi di negara-negara ASEAN untuk kategori Proyek Sains,” ujar Freddy, seperti dilansir laman Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Jumat(16/10/2015).

Freddy menyebut, kategori Proyek Sains dimaksudkan mendorong minat dan kemampuan mahasiswa dalam menghasilkan inovasi di bidang energi baru dan terbarukan. Dia berharap, nantinya pemerintah bisa menggunakan sekira 25 persen energi baru.

Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNY, Dr. Hartono menilai, OSN Pertamina 2015 bisa menjadi bagian dari pendidikan Indonesia untuk menciptakan energi yang terbarukan. “Kami harap, dari kegiatan ini lahir sejumlah saintis yang mampu menciptakan energi terbarukan murah dan bisa dipakai orang banyak,” tambahnya. Seleksi awal di UNY sendiri diikuti 242 mahasiswa. Mereka terdiri dari sejumlah perguruan tinggi yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) . (afr)

(rfa)

Sumber : kampus.okezone.com