Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir melantik tiga Rektor Universitas dan satu Direktur Politeknik di Auditorium Gedung Dikti Lantai 2 Kemenristekdikti, Senayan (25/11). Prof. Dr.Hasriadi Mat Akin, MP sebagai Rektor Universitas Lampung, Prof. Dr. Anis Saggaff, MSCE sebagai Rektor Universitas Sriwijaya, Prof. Dr. Tafdil Husni, SE.,MBA sebagai Rektor Universitas Andalas dan Ir. Miegsjeglorie Viansjemeanus Putuhena, ST., MT sebagai Direktur Politeknik Negeri Ambon.

Menteri Nasir berharap agar Pejabat-Pejabat yang dilantik tersebut mampu menjalankan tugas dengan penuh tanggungjawab. Dalam sambutannya Menristekdikti M. Nasir mengatakan bahwa pemerintah dalam hal ini adalah Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi akan mengalokasikan 30%  dari BOPTN untuk mendukung program penelitian agar semakin banyaknya penelitian dan publikasi yang berkualitas.

“Saya juga berharap agar semua perguruan tinggi dapat meningkatkan publikasi karya ilmiah ditingkat nasional dan internasional, serta seluruh civitas dapat menjauhkan diri dari kegiatan plagiarism,” ujar Menteri Nasir.

Dengan adanya ASEAN Economy Community diharapkan Perguruan Tinggi dapat meningkatkan kemampuan daya saing bangsa untuk lebih kompetitif, agar mampu mewujudkan kualitas hidup manusia yang tinggi, maju, dan sejahtera. Perguruan tinggi harus menjadi agen pembangunan yang mengantarkan bangsa indonesia memasuki era ekonomi baru, yang banyak dipengaruhi oleh enterpreneurship, inovasi, dan penggunaan teknologi informasi dan cyber system. (nda/bkkpristekdikti)