Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M. Nasir membuka Pameran Sains dan Teknologi  Jerman-Indonesia 2015 di Museum Nasional  Jakarta, Senin 5 Oktober 2015. Pada pembukaan pameran bertema fostering ideas ini Menristekdikti didampingi oleh Duta Besar Jerman untuk Indonesia, Georg Witschel.

 

Dalam sambutannya Menristekditki M. Nasir mengatakan Indonesia dan Jerman akan mempererat kerja sama bidang teknologi, khususnya terkait bidang riset dan inovasi, demi mengembangkan kemampuan sumber daya manusia di tanah air. Menristekdikti menambahkan, pengembangan pendidikan tinggi dan pembangunan sains serta teknologi merupakan tulang belakang dari sebuah negara guna meningkatkan daya saing dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Karena itu, Menristekdikti berharap akan lebih banyak generasi muda Indonesia dan Jerman terlibat dalam pembangunan sains dan teknologi kedepannya.

 

Duta Besar Jerman untuk Indonesia, Georg Witschel mengatakan tujuan pameran adalah untuk menghasilkan kerja sama yang baik antara Indonesia dan Jerman berdasarkan kesepahaman bersama. Hubungan kerja sama antara Jerman dan Indonesia sudah terjalin sejak lama, antara lain: keanekaragaman hayati, kesehatan, energi panas bumi, ilmu kelautan, dan riset kehutanan. (mj/ristekdiktitv)