Pendidikan tinggi Indonesia masih kalah bersaing dengan pendidikan tinggi di negara maju. Hal ini terlihat dari minimnya jumlah perguruan tinggi Indonesia yang masuk dalam daftar perguruan terbaik dunia, dan masih rendahnya publikasi ilmiah international. Karena itu Kemenristekdikti menyiapkan berbagai program dan kebijakan yang bertujuan mendorong  peningkatan mutu pendidikan, riset, dan inovasi di Indonesia. Salah satu program unggulannya, adalah beasiswa program Pendidikan Magister Menuju Doktor Untuk Sarjana Unggul (PMDSU).

Untuk mendukung program tersebut, Dirjen Sumber Daya Iptek Dikti Kemenristekdikti Bapak Ali Gufron Mukhti menggelar talkshow dengan tema Indonesia Mencari Doktor yang dihelat di aula barat Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 8 Oktober 2015. Talkshow ini menghadirkan narasumber Menristekdikti Bapak Mohamad Nasir dan Walikota Bandung Bapak Ridwan Kamil. Dalam talkshow tersebut Menristekdikti memaparkan materi bertema indonesia mencari doctor, sementara Walikota Bandung berbagi pengalaman sukses riset dan sukses kembangkan kota Bandung.

Menristekdikti mengatakan bahwa salah satu indikator dari program PMDSU adalah tingkat publikasi yang dilakukan di indonesia. Dirjen Sumber Daya Iptek Dikti Kemenristekdikti Bapak Ali Gufron Mukhti mengatakan bahwa Indonesia bisa maju kedepan dengan adanya sumberdaya, inovasi, dan hilirisasi yang unggul.

Talkshow  Indonesia mencari doktor yang dipandu Alfito Deannova ini juga menghadirkan narasumber Guru Besar UGM Sofia Mubarika Haryana. Sedangkan peserta PMDSU, Suhendra Pakpahan menceritakan success story dibalik perjuangannya melamar dan mendapatkan beasiswa PMDSU.

Pada kesempatan ini Menristekdikti juga berkesempatan mengunjungi Bandung Center yang berada di kantor Walikota Bandung bersama Bapak Ridwan Kamil dan Kepala Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik Ibu Nada Marsudi beserta Jajarannya. (nf/ristekdiktitv)