Dalam rangka ulang tahun Teknik Kimia Universitas Diponogoro (UNDIP) ke-50, UNDIP menggelar seminar nasional bertema Kesiapan Bangsa Dan Strategi Menghadapi Krisis Energi Nasional. Acara ini digelar di Ballroom Djakarta Theater pada 7 Oktober 2015. Dalam seminar tersebut Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Bapak Rizal Ramli diundang hadir sebagai pembicara kunci. Acara ini juga dihadiri oleh Direktur Jenderal Penguatan Sistem Inovasi Kemenristekdikti Bapak Jumain Appe, Ketua Panitia 50 Tahun Teknik Kimia UNDIP Bapak Bakti Jos, Dekan Fakultas Teknik UNDIP Bapak Agung Wibowo, para alumni Teknik Kimia UNDIP, dan para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Menko Maritim dan Sumber Daya Bapak Rizal Ramli mengatakan bahwa di Indonesia masih sangat krisis energy, sedangkan di negara lain kelebihan energi. Menko Rizal menghimbau dengan adanya cadangan energi 30–40 tahun kedepan melalui strategi yang baik akan dimanfaatkan dengan baik juga.

Dalam sambutan tertulis Menristekdikti yang dibacakan oleh Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti Bapak Jumain Appe, menyampaikan bahwa untuk meningkatkan pertumbuhan energi nasional harus mempunyai strategi dan terobosan agar 2025 meningkat 17%.

Diakhir acara dilakukan pemberian plakat penghargaan dari Dekan Fakultas Teknik Kimia UNDIP Bapak Agung Wibowo kepada Dirjen Pengatan Inovasi Bapak Jumain Appe, dan dari Ketua Seminar Nasional Bapak  Bakti Jos kepada Menko Maritim dan Sumber Daya Bapak Rizal Ramli. (nf/ristekdiktitv)