Untuk mendukung kemajuan inovasi di Indonesia, Dirjen Penguatan Inovasi Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menggelar Forum Group Discussion (FGD) kajian kemampuan industri turbin di Indonesia. FGD ini digelar di Akmani Hotel Jl. Wahid Hasyim Jakarta pada 7 Oktober 2015.

Forum ini diawali dengan paparan Roslima Sitompul, dari LIPI, yang mengangkat tema tentang Kegiatan Kajian Identifikasi Kemampuan Industri Turbin di Indonesia. Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Bapak Munir Ahmad memaparkan materi tentang TKDN ketenagalistrikan di Indonesia. Kepala Divisi Pengadaan dan Strategis PLN Bapak Iwan Purwana memaparkan materi tentang Upaya PLN Dalam Mendorong Pemakaian Komponen Lokal dan Meningkatkan TKDN Pembangkit Tenaga Listrik Indonesia, khususnya dalam program 35.000 mw.

Setelah melakukan diskusi yang cukup panjang dan tanya jawab terkait industri turbin di Indonesia, tercapai kesepakatan dan rencana kedepan setelah dilakukan diskusi pada forum ini. (nf/ristekdiktitv)