Assalammu a’laikum Wr.Wb

Selamat sore, salam sejahtera untuk kita semua

 

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat Rahmat dan HidayahNYA lah kita semua diberikan kesempatan untuk berada di tempat ini dalam rangka pelantikan Pejabat Eselon I dan Rektor PTN terpilih.  

 

Kepada para Staf Ahli dan Rektor yang telah menyelesaikan masa bhaktinya, saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya dan ucapan terima kasih atas prestasi dan dedikasi dan prestasi yang selama ini telah saudara-saudara berikan dan tak lupa pula saya mengucapkan terima kasih kepada istri Saudara-saudara yang dengan kesabarannya mendampingi saudara-saudara selama melaksanakan tanggungjawab tersebut.

 

Kepada Inspektur Jenderal, Staf Ahli, dan Rektor PTN yang hari ini dilantik, pada kesempatan yang baik ini ingin saya sampaikan beberapa hal sebagai berikut:

 

Pertama, seperti telah kita ketahui bersama, sekarang ini kementerian kita sedang melaksanakan restrukturisasi. Dalam restrukturisasi dilakukan perubahan-perubahan yang meliputi: perubahan sasaran strategis, perubahan SOTK, perubahan personil, perubahan pelaksanaan DIPA, dan lain-lainnya. Agar perubahan tersebut sukses  diperlukan adanya manajemen perubahan yang baik di lingkungan kerja yang saudara pimpin. Untuk itu saya berharap saudara bisa memimpin unit saudara melaksanakan perubahan tersebut dengan sukses.

 

Kedua, Penggabungan kementerian Ristek dengan Ditjen Dikti menjadi kementerian baru Kemistekdikti telah mendorong kita untuk lebih meningkatkan dan mempercepat usaha-usaha hilirisasi dan komersialisasi hasil-hasil penelitian di perguruan tinggi dan lembaga penelitian lainnya.   Inisiatif hilirisasi dan komersialisasi hasil penelitian tidak saja menuntut kita untuk melakukan penyesuaian kebijakan di bidang penelitian, tetapi juga memaksa kita untuk lebih melihat dan melayani apa yang dibutuhkan oleh masyarakat termasuk masyarakat industri.  Untuk itu segenap pimpinan di lingkungan Kemristekdikti harus lebih memahami dan melakukan kontak dengan industri, pasar, pendanaan, dan kerjasama.

 

 

Selain itu, memperhatikan catatan dari BPK terkait dengan Laporan Keuangan Kemristek, dan Laporan Keuangan Kemdikbud khususnya terkait dengan Dikti, meskipun keduanya medapatkan opini WTP, masih banyak perbaikan-perbaikan terkait penggunaan, pencatatan, dan pelaporan keuangan yang harus diperbaiki. Untuk itu saya minta saudara Inspektur Jenderal Kemristekdikti untuk membangun tim Inspektur Jenderal yang handal, mengembangkan sistem pengawasan yang efektif, dan lebih memberdayakan pengendalian internal di perguruan tinggi negeri. 

 

Kepada para Rektor terpilih yang dilantik hari ini, saya mengaharapkan saudara terus meningkatkan usaha-usaha untuk membangun budaya mutu di perguruan tinggi yang saudara pimpin, meningkatkan penelitian sampai ke hilir, meningkatkan publikasi internasional, terus memperbaiki tatakelola, dan tetap menjaga suasana kondusif di kampus.

 

Bagi para istri atau suami yang mendampingi para pejabat yang dilantik hari ini, saya berharap bisa memberikan dukungan kepada suami/istri nya sehingga bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

 

Akhir kata saya menyampaikan kepada Saudara-saudara yang dilantik saat ini agar dapat melaksanakan amanah ini dengan baik dan penuh tanggungjawab serta dedikasi yang tinggi. Semoga Tuhan Yang Maha Esa membimbing kita semua. Amin.  

 

Demikian yang dapat saya sampaikan, apabila ada kata-kata saya yang kurang berkenan saya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya.

 

 

Wabillahi Taufiq Wal Hidayah 

Wassalammu a’laikum Wr. Wb.

 

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

 

Mohamad Nasir