Yang saya hormati, 

Kepala BATAN, Prof. Dr. Ir. Djarot Sulistio Wisnubroto 

Para Narasumber

Para Pejabat Eselon I di lingkungan BATAN

Bapak, Ibu dan Saudara sekalian para peneliti dari lembaga riset dan perguruan tinggi 

 

Bismillahhirrahmanirrahim,

Assalamualaikum  Warahmatullahi Wabarakatuh,

Selamat pagi, dan Salam sejahtera untuk kita semua. 

 Puji syukur, marilah  kita panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan karunia kesehatan dan kebahagiaan kepada kita semua, sehingga hari ini kita dimudahkan langkahnya dapat berkumpul bersama dalam Seminar Nasional IPTEK Nuklir Dasar dan Terapan dengan tema: “Peningkatan Efektivitas Riset Secara Sinergi Antara Perguruan Tinggi dan Lembaga Litbang”

 

Hadirin sekalian yang berbahagia

Pada kesempatan ini, saya menyampaikan rasa bangga dan apresiasi  kepada saudara-saudara sekalian, para peneliti diberbagai bidang, yang telah berupaya menyampaikan  hasil litbang dalam forum seminar ini sehingga dapat disimak dan diketahui oleh para peneliti lain dan masyarakat pada umumnya. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk kemajuan Iptek nuklir pada khususnya dan ilmu pengetahuan pada umumnya. 

 

Hadirin sekalian yang berbahagia

Dalam berbagai kegiatan litbang saya mengharapkan:

1. Program kegiatan litbang harus diarahkan agar hasilnya dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Sesuai dengan NAWACITA kegiatan litbang di BATAN harus mendukung terwujudnya kemandirian dan keunggulan teknologi di beberapa bidang antara lain ketahanan pangan, ketahanan energi dan pemanfaatan sumber daya alam secara efektif dan efisien. 

 

2. Para ilmuwan/akademisi dan peneliti itu profesi mulia, maka harus bangga sebagai peneliti dan penuh komitmen untuk melaksanakan penelitian sesuai kebutuhan masyarakat. Ilmuwan/akademisi dan peneliti juga harus berpedoman pada nilai-nilai: akuntabilitas, disiplin, keunggulan, integritas, kolaborasi, kompetensi dan inovatif. Salah satu hal yang ingin saya tekankan hendaknya peneliti tidak mudah tergoda dengan kemudahan teknologi saat ini untuk melakukan kegiatan plagiasi dan salami.  

 

3. Kemenristek Dikti mendorong kegiatan seminar, pertemuan ilmiah dan forum-forum diskusi yang akan mendukung percepatan capaian-capaian terkait dengan pemanfaatan teknologi maju khususnya nuklir di bidang industri, kesehatan dan lingkungan. Demikian pula seminar hari ini. 

 

4. BATAN telah banyak berkontribusi di masyarakat khusunya bidang pangan, saya berharap bidang lain dapat segera menyusul, untuk BATAN Jogja secara konsisten perlu mengembangkan sains dan teknologi akselerator untuk aplikasi di bidang kesehatan, lingkungan dan industri. Salah satunya kegiatan litbang iradiator harus tetap berjalan dan dipercepat agar segera dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Demikian pula kegiatan pengembangan Siklotron untuk produksi radioisotop yang dapat diaplikasikan dibidang kedokteran nuklir kiranya dapat dipercepat penyelesaiannya. BATAN Jogja diharapkan mampu menghilirkan hasil-hasil litbang terkait dengan pemurnian Logam Tanah Jarang dan Zirkonium, suatu bahan yang sangat strategis dalam mendukung industri berbasis teknologi maju. Kegiatan litbang Boron Neutron Capture Therapy (BNCT) yang sekarang didukung oleh Kementrian Ristek Dikti melalui program SINas di kemudian hari harus bermuara ke aplikasi yang bisa dinikmati masyarakat secara langsung.

 

5. Kemenristek Dikti menyadari bahwa keberhasilan kegiatan litbang sangat bergantung dari SDM, dana, peralatan, pasar dan menejemen. Dalam hal ini momentum penggabungan kementrian ristek dan dikti dapat dimanfaatkan untuk menggali lebih dalam sinergitas antara lembaga litbang dan perguruan tinggi untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat. BATAN Jogja perlu segera menggali sinergitas ini dengan berbagai perguruan tinggi khususnya di wilayah Jogja dan Jawa Tengah.

 

Demikian yang bisa saya sampaikan. 

 

Billahi taufik wal hidayah

Wassalammu’alaikumwarahmatullahi wabarakatuh, 

 

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

 

Muhammad Nasir