Mei lalu, tim Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI) berhasil meraih juara umum kedua dalam ajang Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam-Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) 2015. Olimpiade yang berlangsung di Surabaya tersebut mengantarkan UI mendapatkan 18 penghargaan.

 

ON MIPA merupakan ajang uji kompetensi individu tingkat perguruan tinggi yang diselenggarakan secara nasional setiap tahunnya oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ON MIPA tahun ini diikuti oleh 81 perguruan tinggi yang mengikutsertakan 255 mahasiswa.

 

Dalam olimpiade tersebut, setiap peserta melakukan ujian tertulis dalam bentuk esai yang bersifat analytical problem solvingpada bidang matematika, fisika, kimia, dan biologi. Materi ujian yang diperlombakan antara lain aljabar linier, analisis real, analisis kompleks, fisika modern, mekanika kuantum, kimia organik, kimia analitik, keanekaragaman hayati, ekologi dan evolusi.

 

Di bidang matematika, Taufik Hakiki, Jona Martinus Manullang, dan Wismoyo Adinegoro berhasil mendapatkan medali perunggu. Medali perak diraih oleh Ari Wibisana, Tubagus Dhafi Rukmanda, dan Muhammad Khairul Ramadhan. Sementara itu, Honorable Mention dalam bidang ini diraih oleh Sesha Adipa.

 

Dalam bidang fisika, medali emas diraih oleh Alexander Sitompul. Sementara itu, medali perunggu diraih oleh Halimah Harfah dan Reyhan Dani Lambaga. Medali perak pada bidang ini diraih oleh Catur Wibisono dan Gema Ilham Baskara.

 

Selanjutnya, dalam bidang kimia, medali perunggu diraih oleh Fajar Prihatno dan medali perak diraih oleh Magun Surya. Honorable Mention dalam bidang kimia diraih oleh Ahmad Husein Alkaff.

 

Di bidang biologi, Ita Rostina, Yudisthira Oktaviandie, dan Naylah Muna berhasil merebut medali perunggu.

 

Sumber : http://www.ui.ac.id/berita/ui-raih-18-penghargaan-pada-on-mipa-pt-2015.html