Fakultas Farmasi Universitas Muhamadiyah Purwokerto (UMP) mempunyai visi menjadi Pusat Unggulan dan pusat penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang farmasi. Fakultas Farmasi UMP memiliki segudang prestasi. Pada tahun 2013  salah satu mahasiswa telah berhasil berperan aktif dalam pergaulan  internasional, mempresentasikan tulisannya di International Conference on Trends, Challenges, and Opputunities in Multidiciplinary Healthcare, Malaysia.

Fakultas Farmasi UMP senantiasa mengembangkan potensinya melalui kerjasama internasional dengan Nara Institute of Science and Technology (NAIST), Jepang. Hubungan internasional ini berupa kerjasama dalam bentuk staff exchange, peningkatan technical skill yang mendukung riset, kolaborasi riset, maupun diseminasi hasil riset.

“Saya mendengar beberapa peneliti-peneliti muda UMP yang sudah hampir selesai S3 punya beberapa spesialisasi yang sangat layak untuk didorong ke tingkat regional atau ke tingkat nasional,” ujar Deputi Sumber Daya Iptek Kemenristekdikti, Muhammad Dimyati pada  peresmian Science Technopark hari Sabtu, 13 Juni 2015.

Lebih lanjut, Dimyati mengatakan “Saya dengar ada yang sudah mau pulang dari bidang farmasi yang sekarang belum bisa di-publish tetapi bahkan ini diakui dan dipatenkan oleh Korea karena mereka belajar di Korea, kalau peneliti kita selalu berkeinginan mematenkan produknya di luar, nanti akan dianggap seolah-olah Indonesia ini tidak ada orang pintar dan kalau kita lihat jumlah paten yang terpublikasi dan yang tercatat di Kemenkumham, nah memang Indonesia ini jumlahnya sangat jauh tertinggal dibandingkan dengan negara-negara di Asia”.

Universitas Muhammadiyah Purwokerto telah menyediakan lahan seluas-luasnya yang diharapkan kedepannya akan dikembangkan lebih lanjut kawasan agrowisata serta Science Technopark, bukan hanya untuk penelitian kelapa kopyor tetapi juga untuk bidang farmasi.

Dari sarana dan prasarana Fakultas Farmasi (UMP) memiliki prasarana modern yang menunjang. Ada 5 laboraturium yaitu Laboraturium Kimia Analisis, Laboraturium Kimia Organik, Laboraturium Farmakologi dan Laboraturium Biologi Farmasi. Selain itu juga fakultas farmasi UMP memiliki jenis alat dan instrument yang memadai untuk keperluan praktek di laboraturium seperti High Performance Liquid Chromatography (HPCL), Spectrofotometri UV-Vis, mesin tablet, Dissolution Taster, Ultrasentrfuge dan Viscosimeter Oswald. (md-rp-pkl/humasristek)