Seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang memberikan peluang bagi kita untuk dapat mendukung penyelenggaraan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional yang diingankan Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia menyelenggarakan Workshop Pengembangan Integrasi Website JDIHN. Acara ini dilaksanakan hari Jumat, 12 Juni 2015 di Aula Utama BPHN, Jl. Mayjend Sutoyo No 10, Cililitan Jakarta Timur.

Penyelenggaraan acara ini dihadiri oleh seluruh kementerian termasuk Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dan beberapa lembaga seperti: Badan Narkotika Nasional, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, SKK Migas, Badan Pengawas Obat dan Makanan, dll.

Dalam sambutannya Budi Wihardja selaku Kepala Pusat Dokumentasi dan Informasi Hukum, BPHN menyampaikan bahwa pengumpulan data secara konvensional saat ini sudah tidak memadai sehingga dibutuhkan alternatif yang memungkinkan pelayanan dokumentasi dan informasi hukum lebih mudah, cepat dan lengkap. Selain itu juga mengilhami Peraturan Presiden nomor 33 Tahun 2012 Pasal 10 ayat 2b yang menegaskan bahwa dalam melaksanakan tugasnya, setiap anggota JDIH membangun system informasi hukum berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang dapat diintegrasikan dengan website JDIHN.

Dalam  forum  tersebut  hadir  pula  Arie Suyudi selain menjadi pembicara utama juga menjadi konsultan serta praktisi IT yang menjelaskan bagaimana pentingnya integrasi website JDIHN bagi masyarakat umum serta kondisi dan kendala-kendala apa saja yang dihadapi JDIHN saat ini. Salah satu kendala yang dirasa sangat krusial adalah jumlah anggota JDIHN yang sangat banyak, kurang lebih ada 760 anggota yang tersebar di Indonesia sehingga menyebabkan sulitnya koordinasi antara pusat JDIHN dengan anggota JDIHN, selain itu masalah utama juga ada di sarana dan prasarana yang kurang memadai untuk pengelolaan JDIHN, termasuk terbatasnya akses internet di daerah.

Bersamaan dengan acara ini, beberapa kementerian dan lembaga-lembaga seperti Kementerian Keuangan, Kementerian Sekretariat Negara dan KPAI menyampaikan bahwa kementerian/lembaga mereka siap mendukung kegiatan integrasi website JDIHN yang ada.

Sebagai penutup acara Bapak Budi Wihardja menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan anggota JDIHN dan akan diadakan pertemuan lebih lanjut mengenai hasil workshop hari ini yang di rencanakan pada minggu pertama bulan Agustus 2015. (purnama-jdih-hk/humasristek)