Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir, mendorong pengembangan  Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (Nuclear Power Plants). Hal tersebut disampaikan oleh Menristekdikti M. Nasir pada saat menghadiri Seminar  Nasional Iptek Nuklir Dasar dan Terapan di Auditorium BATAN Yogyakarta, pada Selasa 9 Juni 2015.

Dalam acara ini, Menristekdikti didampingi oleh Kepala Batan, Djarot Sulistiyo Wisnubroto; Sekretaris Jendral Kemenristekdikti, Ainun Naim; Direktur Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Illah Sailah; Staff Ahli Menteri Negara Ristek Bidang Energi dan Material Maju, Freddy Permana Zen; dan Koordinator Kopertis Wilayah V Yogyakarta, Bambang Supriyadi.

Menristekdikti Mohamad Nasir mengatakan bahwa bangsa Indonesia mempunyai harapan yang besar untuk mengembangkan teknologi nuklir, ”Kita mempunyai harapan yang besar untuk kemajuan negeri ini dengan memanfaatkan teknologi nuklir,” ujar M Nasir.

Kepala BATAN Djarot dalam sambutannya menjelaskan mengenai tujuan dari seminar nasional yang bertema iptek dasar dan terapan. “Seminar nasional iptek dasar dan terapan ini bertujuan untuk bagaimana menciptakan sesuatu yang unggul dibidang industri, kesehatan, dan lingkungan,” jelas Djarot.
Menristekdikti M. Nasir beserta rombongan juga berkesempatan melihat langsung reaktor nuklir (reaktor kartini) yang terdapat di lingkungan BATAN Yogyakarta. Setelah meninjau lokasi reaktor nuklir BATAN Yogyakarta, Menristekdikti beserta staff melakukan foto bersama dengan karyawan BATAN.( fir/humasristek)