“Rapat kerja ini sangat penting karena selain kita melakukan evaluasi terhadap capaian masing-masing program yang kita laksanakan, kita juga perlu mengharmonisasikan program-program yang sedang kita laksanakan dengan Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) serta Rencana Strategis (Renstra) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) periode 2015-2019”. Demikian disampaikan oleh Agus R Hoetman saat membuka rapat kerja: progres dan evaluasi capaian kegiatan pada berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh unit kerja Deputi Jaringan Iptek yang diselenggarakan pada tanggal 8-10 Juni 2015 di Bandung.

Acara tersebut selain dihadiri oleh kelima Asisten Deputi (Asdep) yang berada di lingkungan Jaringan Iptek, juga oleh para koordinator kegiatan dan staf di mana masing-masing koordinator kegiatan mempresentasikan capaian yang sudah diperoleh. Selain presentasi juga dilakukan diskusi tentang reposisi program yang disesuaikan dengan substansi kegiatan yang sudah disusun, capaian yang diharapkan diperoleh sesuai renstra periode 2015-2019 dan tupoksi dari berbagai unit kerja di lingkungan Kemenristekdikti sesuai dengan SOTK yang baru.

Seperti diketahui bahwa semangat dari penyusunan SOTK yang baru mengarahkan Deputi Jaringan Iptek dan Deputi Pendayagunaan Iptek untuk bermetamorfosis menjadi Dirjen Penguatan Inovasi. Oleh karena itu, dalam konteks harmonisasi program, dari pertemuan ini sesuai dengan SOTK yang baru, beberapa kegiatan di Asdep Jaringan Iptek Internasional direkomendasikan berada di bawah unit kerja Sekjen, sama seperti halnya dengan kegiatan di Jaringan Penyedia dengan Pengguna juga direkomendasikan untuk mendukung kegiatan Puspiptek yang dalam SOTK yang baru juga berada di bawah koordinasi Sekjen. Kegiatan-kegiatan yang lain, direkomendasikan tersebar di berbagai direktorat yang ada di Dirjen Penguatan Inovasi. Harmonisasi ini dilakukan dengan tetap mengacu pada judul dan substansi kegiatan kerja dengan alokasi anggaran seperti yang tertera dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA 2014).

Berbagai kesepakatan yang diperoleh dalam pertemuan tersebut, akan disusun dalam narasi yang lengkap dan selanjutnya akan digunakan sebagai rekomendasi dari Deputi Jaringan Iptek kepada Dirjen Penguatan Inovasi untuk dipertimbangkan dalam mengelola kegiatan yang masih tersisa guna mendukung capaian yang diharapkan di Dirjen Penguatan Inovasi sesuai dengan renstra Kemenristekdikti periode 2015-2019.  (dep3/humasritek)