Keluarga Mahasiswa Nahdhatul Ulama Institut Pertanian Bogor (KMNU IPB) mengadakan Seminar Nasional Indonesia Membangun pada Minggu 7 Juni 2015 di Gedung Andi Hakim Nasution IPB.

Ketua Pelaksana Seminar Nasional Membangun Indonesia KMNU IPB, Mulya Tarmizi pada pembukaan seminar itu mengatakan bahwa IPB sebagai  salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia mempunyai tanggung jawab besar dalam hal ini. Karena itu, mahasiswa IPB yang tergabung dalam KMNU menyelenggarakan seminar nasional membangun Indonesia. Negara yang kuat adalah negara yang mempunyai sumber daya manusia yang cerdas dan berkualitas. Perguruan Tinggi mempunyai peranan penting dalam mencerdaskan dan membentuk SDM yang handal, yang nantinya dapat membangun Indonesia.

Rektor IPB Bapak Herry Suhardiyanto mengatakan pada sambutannya bahwa demi kebaikan bangsa, inovasi merupakan konsen utama IPB, jangan sampai riset hanya berhenti di  perpustakaan.
Dalam seminar yang bertemakan “Optimalisasi Sumber Daya Manusia Perguruan Tinggi dalam Menyongsong Pembangunan NKRI”, Menristekdikti M. Nasir merupakan salah satu narasumber pada seminar tersebut. Menristekdikti mengungkapkan betapa pentingnya revolusi mental, perbaikan secara terus-menerus harus dilakukan pada SDM perguruan tinggi. Menristekdikti juga mengatakan bahwa IPB harus berkontribusi besar dan lebih baik lagi kepada negara terutama dalam kemaritiman dan ketahanan pangan.

Menristekdikti mengungkapkan kebanggaannya terhadap IPB karena IPB telah dalam tahap mengkomersialisasikan semua inovasi-inovasinya di dalam dunia usaha. Selain itu, Menristekdikti juga berharap agar IPB dapat masuk ranking di kelas dunia, dapat menjadi referensi perguruan tinggi di dunia.
Turut menjadi narasumber pada seminar tersebut adalah Imam Sugema Komisaris Utama Perusahaan Gas Negara, Mokhamad Mahdum Direktur LPDP, Nunung Nuryartono Direktur Intercafe, Rachmat Pambudi Komisaris Perdagangan Indonesia, Adnan Anwar Wasekjen PBNU, dan Ifan Haryanto Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Bogor. (flh/humasrisek)