Kamis 4 Juni 2015, Asosiasi Badan Penyelenggaraan Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABPPTSI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Universitas Yarsi dan resmi dibuka oleh Menristekdikti M. Nasir.

Rakernas ini membahas laporan pelaksanaan program kerja tahun 2014. Sebelumnya, Rakernas I/2014 pada 16-17 Februari 2014 telah berhasil menyusun program kerja pengurus pusat ABPPTSI tahun 2014. Pelaksanaan program kerja yang dilaporkan antara lain, konsolidasi organisasi mulai dari pusat sampai dengan wilayah telah dilaksanakan dengan cukup intens. Wilayah yang berhasil memperbarui pengurusnya adalah wilayah DKI Jakarta, Sulawesi, Selatan, Sumatera Selatan, dan Kalimantan Barat.

Selain itu hal yang dilaporkan yaitu, pengurus pusat selalu mengritisi, mengawal, dan mengamankan pelaksanaan peraturan perundang-undangan di bidang dikti, khususnya UU RI No. 12/2012, beberapa PP khususnya PP RI No. 04/2014 tentang penyelenggaraan dikti dan pengelolaan PT, serta UU RI No. 40/ 2004 tentang jaminan sosial nasional, dan UU RI No. 24/2011 tentang BPJS, Perpres RI No. 12/2013 yang diperbarui dengan Perpres RI No. 111/2013 tentang jaminan kesehatan, dan berbagai peraturan perundang-undangan terkait lainnya.

Dalam sambutannya, Menristekdikti berulang kali menekankan bahwa dalam pendidikan baik PTN maupun PTS tidak dibenarkan untuk mentoleransi adanya fraud, karena itu sama saja dengan melegalkan adanya kecurangan. Menristekdikti berharap semoga rakernas ini dapat menghasilkan formula-formula untuk membangun negara ini dengan baik. (flh/humasristek)