Rabu, 3 Juni 2015 diadakan Sidang Pleno ke-8 Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Indonesia (AFEBI) di Aula Pemda Karawang dan dibuka oleh Menristekdikti M Nasir. Dalam sambutannya  Menristekdikti menghimbau agar kita semua harus yakin bahwa pendidikan tinggi memiliki peran yang jelas untuk menghasilkan SDM dan inovasi yang berdaya saing.

Menristekdikti dalam samburannya sangat  mendukung rintisan pembentukan LAM Rumpun Bidang Ilmu Akuntasi, Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis yang merupakan salah satu agenda pada sidang pleno ke-8 ini. Bidang ekonomi dan bisnis memiliki area yang sangat strategis dalam menghadapi persaingan global, karena dalam wakatu dekat ini, akhir tahun 2015 ini Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN (AFTA) menjadi pasar terbuka yang berbasis produksi. Pada kawasan ini aliran barang, jasa, dan investasi bergerak bebas, sesuai dengan kesepakatan di antara negara-negara ASEAN. Tingkat keunggulan komparatif dan kompetitif yang berbeda antar negara anggota, akan berpengaruh dalam menentukan manfaat di antara negara-negara anggotanya. Diharapkan siding pleno ini dapat menghasilkan rumusan yang konstruktif terutama terkait dengan peran AFEBI dalam memberikan konstribusi nyata terhadap peningkatan kekuatan ekonomi Indonesia.

Turut hadir dalam acara ini adalah Bupati Karawang, Rektor Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA), dan Dewan Pengurus Nasional AFEBI. (flh/humasristek)