(Jakarta, 29/03/2018) Badan Tenaga Nukilr Nasional (BATAN) bekerja sama dengan Universitas Pattimura (UNPATTI) menggelar kegiatan yang bertajuk Pengenalan Sistem Informasi Ilmiah Iptek Nuklir di Aula UNPATTI, Ambon, Maluku, Rabu (28/03). Kegiatan ini dimanfaatkan sebagai sarana sosialisasi dan sharing informasi tentang iptek nuklir.

Deputi Kepala BATAN Bidang Pendayagunaan Teknologi Nuklir, Hendig Winarno menceritakan sejarah BATAN. “Sejarah penting perjalanan BATAN bahwa Direktur Jenderal BATAN pertama yaitu Prof. Dr. dr. G.A. Siwabessy yang juga Bapak Atom Indonesia adalah salah satu putera terbaik bangsa kelahiran Ambon,” kata Hendig.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UNPATTI, Yusuf Madubun menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada BATAN yang telah memberikan kepercayaan kepada UNPATTI untuk bekerja sama dalam penyelenggaraan kegiatan ini.

Yusuf Madubun mengharapkan UNPATTI dapat menginisiasi kerja sama dengan BATAN dalam berbagai kegiatan, seperti penelitian, berbagi pengetahuan dan magang, yang dapat memberikan manfaat bagi kemajuan pendidikan di UNPATTI dan masyarakat.

Kegiatan ini bertujuan melaksanakan diseminasi informasi iptek nuklir yang sejalan dengan preservasi dan pengayaan pengetahuan dalam bidang nuklir. Adapun sasaran kegiatan ini yakni meningkatkan minat masyarakat ilmiah di lingkungan perguruan tinggi untuk mempelajari dan mengembangkan iptek nuklir terus berkesinambungan sehingga penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir di Indonesia tidak mengalami kepunahan (knowledge loss) akibat penuaan SDM.

Selain itu, dari kegiatan ini diharapkan, kerjasama antara BATAN dengan UNPATTI dapat terjalin dalam berbagai kegiatan litbang ITEK Nuklir bidang pertanian, kesehatan, industrri, material maju dan lainnya dapat didorong maju untuk kesejahteraan masyarakat di Ambon dan sekitarnya. Kegiatan ini diikuti 66 peserta terdiri dari dosen Fakultas MIPA, Pertanian, Kedokteran, Fakultas Teknik, dan mahasiswa serta pustakawan di lingkungan UNPATTI. (Noerda)

sumber: http://www.batan.go.id/index.php/id/aneka-berita-ppiksn/4224-nuklir-dikenalkan-di-unpatti-ambon-melalui-sistem-informasi-ilmiah-iptek-nuklir