Bogor – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir, membuka sekaligus mengikuti LIPI Science Fun Walk bersama Plt. Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Bambang Subiyanto, dan seluruh pejabat serta pegawai LIPI dalam rangka Hari Ulang Tahun LIPI ke-50 di kawasan Cibinong Science Center, Bogor, Jawa Barat, Jumat (18/8).

Dengan mengibarkan bendera LIPI, jalan sehat ini resmi dilepas oleh Menristekdikti, M. Nasir yang diikuti sekitar 1200 peserta dengan menempuh jarak sekitar 600 meter di kawasan Eco Park Botanical Garden.

Dalam sambutannya, Menteri Nasir mengutarakan dengan peringatan ulang tahun yang ke-50 ini, LIPI harus menjadi rujukan keilmuan yang ada di Indonesia sebagai pusat lembaga keilmuan yang lebih baik dan terus berkembang lebih pesat.

“Kalau di Jerman ada namanya Science Institute, yakni pusat ilmu pengetahuan yang disana semua peneliti bisa masuk dialamnya. Di Berlin ada satu pusat kajian ilmu pengetahuan yang dimana, jika kita berbicara tentang burung, kajian burung seluruh dunia ada disana. LIPI harus terus bergerak lebih cepat dan mampu bersaing di kelas internasional,” tutur Nasir.

Ia menambahkan, sebagai instansi pemerintah, budaya hidup sehat seperti jalan sehat ini harus selalu ditunjukkan kepada masyarakat, dan berharap Science Fun Walk yang diadakan oleh LIPI bisa menambah motivasi seluruh jajaran untuk bekerja lebih baik lagi kedepannya.

“Saya senang budaya hidup sehat terus dilakukan, saya merasakan senang berada disini dengan udara yang segar dan juga menjadi lebih sehat karena adanya jalan sehat ini,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Nasir juga diberikan sepeda kayu lengkung yang terbuat dari kayu jati permata hasil produksi Pusat Penelitian Biomaterial LIPI.

Selain jalan santai, terdapat rangkaian kegiatan menyambut ulang tahun LIPI ke-50 seperti; Diseminasi 200 tahun Kebun Raya Bogor, Pemberian Penghargaan Ilmu Pengetahuan, Kuliah Umum, Pameran, Konferensi Ilmu Pengetahuan dan Peluncuran Buku 50 tahun Kiprah LIPI untuk Bangsa. (TJS)

Galeri