JAKARTA – Kapolri Jenderal (Pol) Muhammad Tito Karnavian resmi menyandang gelar Guru Besar/Profesor bidang ilmu kepolisian studi strategis kajian kontra terorisme dari Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian PTIK. Prosesi penyematan gelar tersebut dilaksanakan pada sidang senat akademik terbuka Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian PTIK, Kamis (26/10).

Keputusan pengukuhan Tito Karnavian sebagai guru besar ditandatangani oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir melalui Surat Keputusan Nomor 98876/A2.3/KP/2017 tanggal 19 Oktober 2017.

Mohamad Nasir pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa penganugerahan guru besar kepada Tito Karnavian merupakan bentuk pengakuan terhadap kepiawaian dan keilmuannya pada bidang kajian kontra terorisme. Keilmuan yang dikuasai oleh Tito Karnavian masih tergolong langka di Indonesia.

“Kajian terkait kontra terorisme masih sangat langka di Indonesia. Ini perlu dikembangkan, khususnya untuk menangkal paham-paham radikalisme”, tegas M. Nasir.

Mohamad Nasir pun menyebut Tito Karnavian sebagai guru besar yang mampu memadukan antara profesionalitas dan akademik. “Pak Tito ini saya anggap guru besar yang bisa merangkai antara profesional dan akademik”, jelas Mohamad Nasir.

Tampak hadir dalam pengukuhan tersebut Ketua DPR Setyo Novanto, Menkopolhukam Wiranto, dan beberapa menteri Kabinet Kerja. (MSF)