Mahasiswa Departemen Silvikultur, Fakultas Kehutanan (Fahutan) Institut Pertanian Bogor (IPB), Vara Dita Puri Ningtyas dan Riki Ramdhani menangkan Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM) Bidang Kemaritiman III Tingkat Nasional, 30 November-2 Desember 2017, di Makasar. LKTM Bidang Kemaritiman merupakan lomba karya tulis yang diadakan oleh Universitas Makasar. Terdapat tiga tema yaitu Bidang Teknologi, Bidang Pengelolaan Kelautan dan Perikanan, serta Bidang Sosial Ekonomi Hukum dan Hukum.

“Setiap bidang diambil 15 tim. Kemudian dipilih lima tim, menjadi Juara 1, 2, 3, Favorit, dan Poster terbaik. Saya dan Riki masuk bidang Pengelolaan Kelautan dan Perikanan. Alhamdulillah kami Juara 3,” ujar Vara.

Karya Tulis yang mereka usung dalam kompetisi ini berjudul “Budi Daya Perikanan Berkelanjutan Menggunakan Sistem Keramba Jaring Apung (KJA) Berbasis Sylvo Fishery”. “Yang melatarbelakangi karya kami yaitu nelayan menangkap ikan musiman. Jika sedang beruntung maka hasil tangkapannya banyak. Sebaliknya, jika sedang tidak beruntung maka hasilnya sedikit atau bahkan pulang dengan tangan hampa. Keramba Jaring merupakan teknik budi daya ikan yang biasa diterapkan di danau. Kemudian Keramba Jaring Apung diterapkan di Zona Pemanfaatan Hutan Mangrove, sistem ini disebut Sylvo Fishery. Sehingga dapat terwujud prinsip budi daya ikan yang berkelanjutan,” terangnya.

Vara mengatakan karya tulisnya ini bertujuan untuk mengoptimalkan fungsi kawasan mangrove dan meningkatkan taraf hidup masyarakat pesisir. Selain itu, mereka juga berharap agar karyanya ini dapat diterapkan, tentu atas dukungan dari pemerintah dan stakeholders terkait sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat di pesisir. (RJ/NM)