Mahasiswa Universitas Gadjah Mada kembali mengukir prestasi. Kali ini, prestasi diraih oleh Angelo Abil Wijaya, mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UGM. Angelo mendapat penghargaan sebagai Penulis Terbaik atau Juara 1 dalam  Indonesian Foreign Policy Review yang baru saja diluncurkan pada Minggu (12/11). Jurnal Hubungan Internasional tersebut dikelola oleh Departemen Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia.

Indonesian Foreign Policy Review tahun ini diikuti oleh ratusan mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia yang tertarik untuk membahas kebijakan luar negeri Indonesia. Angelo menulis sebuah jurnal berjudul Questioning Neoliberal Theory in Trade among Developing Countries: The Impact of Rice Import from Vietnam to Indonesia’s Food Security. Dalam tulisannya tersebut, Angelo menganalisis teori neoliberal dalam Hubungan Internasional dan sejauh mana teori tersebut mencerminkan pengaruh impor beras dari Vietnam bagi ketahanan pangan Indonesia.

Angelo mengaku banyak mempelajari hal baru dalam proses penelitian dan penulisan jurnal tersebut Ia mempelajari kebijakan luar negeri Indonesia, hubungan dagang Indonesia dengan negara berkembang lainnya, seperti Vietnam, dan juga ekonomi politik internasional di Asia Tenggara.

“Saya juga belajar bagaimana konsep dan kerangka berpikir dalam hubungan internasional lebih dalam selama proses penelitian dan penulisan jurnal ini,” ungkap Angelo,” Selasa (21/11).

Ia berharap ke depan mahasiswa Indonesia, khususnya yang mempelajari ilmu hubungan internasional, dapat lebih peduli terhadap isu-isu kebijakan luar negeri agar di masa yang akan datang Indonesia dapat terus menjadi negara dengan kebijakan luar negeri yang strategis. (Humas UGM/Catur)