Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Siti Wulandari Diah Ayu Puspitasari, Zahrah Safitria, Syifaurrohmah Umi Sadiyaha, Muhammad Alfan Farohia, Ela Nur Ainib membuat program Terapan – Culture Mangrove Introduce Key (TERCIDUK). Program ini diselenggarakan di Pantai Gerangan Dusun Wonokoyo Desa Ngrejo Kecamatan Tanggung Gunung Kabupaten Tulungagung Jawa Timur.

Program ini terdiri dari lima program utama yakni Pemetaan Kawasan Mangrove, Penanaman 100 bibit Mangrove, Desain Ekowisata Mangrove, Pembuatan produk sirup Mangrove, Pemasaran Produk Sirup Mangrove. Program ini dibuat sebagai syarat keikutsertaan mereka pada Program Kreativitas Mahasiswa – Pengabdian kepada Masyarakat tahun 2018. Hasil yang didapatkan dari pemberdayaan yang dilakukan yaitu terbentuknya peta zonasi kawasan mangrove, penanaman 100 bibit mangrove, pembuatan produk sirup mangrove, pemasaran sirup mangrove dan desain ekowisata bahari.

Pemberdayaan masyarakat sangat penting dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mengembangkan potensi yang ada pada suatu daerah. Pantai Gerangan merupakan salah satu pantai yang memiliki ekosistem mangrove. Besarnya presentase aktivitas illegal logging serta terjadinya abrasi menyebabkan penyusutan ekosistem mangrove di sebagian wilayah bibir pantai yang menyebabkan kerusakan pada ekosistem mangrove kawasan pesisir pantai selatan secara keseluruhan.

Program ini berhasil berkat kerjasama dengan masyarakat setempat. Program  dilakukan melalui kerjasama mitra dengan kelompok masyarakat pengawas (pokmaswas) Mina Anggar Lestari selama April sampai Juli 2018. [siti-rahma/Humas UB]

 

Sumber berita: https://prasetya.ub.ac.id/berita/Mahasiswa-UB-Bantu-Angkat-Perekonomian-Masyarakat-Gerangan-21596-id.html