Tim mahasiswa Teknik Geologi UGM berhasil menyabet juara dua dalam kompetisi kebumian yang berlangsung di Malaysia pada 16 April 2018 lalu.

Mahasiswa UGM yang tergabung dalam tim Gama Ceetah ini sukses meraih juara dalam Geoquiz Competition dalam acara Geoscience Industrial Week (GIW) 2018 yang diselenggarakan Departemen Geologi Universiti Malaya, Malaysia. Mereka adalah Fauzy Habibie Akhyar, Aditya Hirawan, dan Aya Shika Vinaytha Bangun.

Fauzy Habibe Akhyar mengatakan Geoquiz merupakan lomba cerdas cermat yang membahas mengenai ilmu kebumian. Para peserta diuji kemampuannya dalam penguasaan  ilmu kebumian mulai kebumian, astronomi, dan hidrologi, hingga aspek-aspek aplikatif yang terkait dalam segi eksplorasi dan produksi sumber daya alam.

Fauzy mengungkapkan kompetisi pada tahun ini berlangsung cukup ketat. Terlebih diikuti oleh tim-tim yang pernah meraih gelar juara dalam kompetisi ini di tahun-tahun sebelumnya.

Tahun ini merupakan kali kedua bagi tim Gama Cheetah untuk beradu kemampuan dalam ajang tersebut. Sayangnya, perwakilan UGM pada kali ini harus puas untuk berada di posisi kedua. Sementara peringkat pertama diraih tim ITB dan posisi ketiga tim  Chulalongkorn University.

“Kami sudah menunjukkan kemampuan optimal dalam kompetisi ini. Namun kali ini tim Gama Cheetah belum berhasil mempertahankan gelar juara yang diraih tahun lalu kalah dengan ITB dengan terpaut skor yang cukup tipis,” jelasnya, Rabu (25/4) di Kampus UGM.

Aditya Hirawan menyebutkan meski belum bisa mempertahankan gelar juara namun keikutsertaan dalam ajang GIW ini menjadi pengalaman yang cukup berharga bagi mereka.  Bahkan menjadi pemicu untuk lebih baik lagi di masa mendatang agar dapat merebut kembali gelar juara dalam kompetisi ini. (Humas UGM/Ika)