Semangat Pemerintah Kabupaten Sanggau untuk mendirikan PDD Polnep di Kabupaten Sanggau cukup tinggi. Gedung yang sekarang ini Alhamdulillah sudah di hibahkan oleh pemerintah Sanggau untuk kampus, ujar Direktur Politeknik Negeri Pontianak mengawali sambutannya. Diungkapkannya, untuk PSDKU Polnep di Kabupaten Sanggau program studi yang akan dibuka diantaranya : Pengolahan Hasil Perkebunan, Teknik Mesin dan program studi Akuntansi. Menurutnya, ruangan maupun laboratorium dasar telah disiapkan oleh pemerintah Kabupaten Sanggau. Demikian juga halnya dengan naskah akademiknya telah disiapkan oleh Tim beserta jajaran Politeknik Negeri Pontianak. Kita berharap PSDKU  Polnep di Kabupaten Sanggau tahun ini (2018) segera terwujud dan ini sudah lama didambakan oleh masyarakat Kabupaten Sanggau melalui pemerintah daerahnya.

Direktur mengatakan, Politeknik Negeri Pontianak merupakan salah satu perguruan tinggi yang mempunyai peranan penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Sanggau dan komitmen pemerintah daerah Sanggau cukup tinggi untuk meningkatkan kualitas SDMnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah pemerintah Kabupaten Sanggau yang mewakili Bupati mengatakan bahwa tantangan ke depan dalam membangun Kabupaten Sanggau sangat diperlukan sumber daya manusia yang handal. Oleh karenanya, kehadiran perguruan tinggi SDKU Polnep di Sanggau diharapkan dapat membantu menyediakan sumber daya manusia yang berkualitas. Kerjasama pemerintah daerah Kabupaten Sanggau dengan Politeknik Negeri Pontianak merupakan harapan dari masyarakat Sanggau  agar ada perguruan tinggi di daerah ini (Sanggau). Diungkapkannya, Kabupaten Sanggau cukup banyak perusahaan dan industri yang dapat membantu membiayai masyarakat yang akan melanjutkan pendidikan tinggi. Kabupaten Sanggau sangat berharap kepada Tim dari Kemenristekdikti yang melakukan visitasi agar ajaran baru 2018 sudah bisa menerima mahasiswa baru, ucap Sekda berharap.

Sementara itu, Endang Taryono mewakili Direktur Kelembagaan Kemenristekdikti mengatakan mengapresiasi kerja keras pemerintah daerah Kabupaten Sanggau mewujudkan pendirian perguruan tinggi di daerah ini. Kegiatan visitasi yang kami lakukan ini merupakan salah satu syarat untuk diberikannya ijin mendirikan program studi PSDKU Polnep di Sanggau, ujarnya. Hal ini merupakan salah satu upaya pemerintah memberikan peluang kepada masyarakat mengenyam pendidikan tinggi.  Fasilitas pendukung utama yang telah disiapkan oleh Politeknik Negeri Pontianak sebagai Pembina, diharapkan dapat dipergunakan sebaik-baiknya, harap Endang Taryono mengakhiri sambutannya. Selanjutnya, pemerintah daerah Kabupaten Sanggau yang diwakili Sekda memberikan cinderamata kepada Tim dari Kemenristekdikti.

Kegiatan visitasi dilanjutkan peninjauan fasilitas pendukung utama proses belajar mengajar, mulai ruang kuliah, fasilitas laboratorium dan ruang administrasi. Selanjutnya Tim visitasi melakukan pertemuan dengan Tim pengelola PSDKU Polnep Kabupaten Sanggau di ruang rapat lantai 2 gedung kuliah. Visitasi PSDKU Polnep Kabupaten Sanggau dilaksanakan hari Kamis, 29 Maret 2018. Dari Politeknik Negeri Pontianak, selain Direktur  yang turut hadir Pembantu Direktur I, Pembantu Direktur IV.

(Erwandi – Humas Polnep)