Jakarta (26/03). BPPT dan Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan melakukan penandatanganan MoU. Penandatanganan tersebut tentang Pengkajian, Penerapan dan Pemasyarakatan Teknologi untuk Mendukung Pembangunan Daerah Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara.  Kepala BPPT Unggul Priyanto menjelaskan, selain menggunakan teknologi SIMRAL atau lebih dikenal dengan sistem informasi manajemen perencanaan penganggaran akutansi dan pelaporan, BPPT juga sedang fokus pada pakan sapi diantaranya berbasis sawit. Kita sudah melakukan uji coba di Kabupaten Pelalawan, ungkap Unggul.

Selain itu, BPPT juga membuat supplement untuk peternakan sapi, ini juga bisa dikerjasamakan. Setelah itu perlu ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama melalui kepala unit terkait, jelas Unggul.

Menurut Unggul, selain SIMRAL banyak lagi yang bisa kita kerjasamakan, seperti saat ini BPPT bersama dengan Kementerian PAN / RB sedang menyusun e-PBB (Performance Based Budeting) yang dipakai untuk pemerintah pusat, kementerian dan lembaga di pusat. Kedepan, yang terpenting adalah komitmen dengan jajaran di kabupaten setempat karena jika tidak ada itu implemantasinya sulit, tutup Unggul.

Sementara Bupati Konawe Selatan Surunuddin Dangga mengatakan, semua yang sudah kita raih rasanya belum lengkap tanpa meggunakan teknologi yang berkembang sekarang ini.

Kendala kami menurut Surunuddin adalah banyak produk-produk pertanian dalam arti luas namun belum dapat masuk sekala ekonomi, sehingga kami sekarang mendorong secara besar-besaran, target sapi tahun depan 100 ribu ekor.

Kami juga sedang membangun kawasan pembibitan sapi sekitar 400 hektar, guna meningkatkan pendapatan masyarakat. Kedepan kami berharap ada fokus-fokus diskusi lagi, jelasnya. (Humas/HMP)

sumber: https://www.bppt.go.id/teknologi-informasi-energi-dan-material/3134-kembangkan-potensi-daerah-bppt-beri-sentuhan-teknologi