Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-31 secara resmi ditutup oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Ainun Na’im di Gedung Olahraga Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta (1/9). Ainun mengapresiasi pelaksanaan Pimnas Ke-31 yang berjalan lancar dan diikuti secara antusias oleh 1.523 mahasiswa dari 136 perguruan tinggi.

Ainun berharap Pimnas ke 31 ini dapat melahirkan calon pemimpin masa depan di bidang riset, sains dan teknologi. Harapannya, Karya-karya Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang terbaik dapat ditindaklanjuti dengan Publikasi Jurnal Ilmiah, Hak Kekayaan atas Intelektual (HAKI), dan Hilirisasi karya inovatif Produk Mahasiswa.

“ Semoga Pimnas Ke-31 ini dapat meningkatkan karya ilmiah, inovasi dan kemudian meningkatkan daya saing bangsa. Dari Pimnas ini saya dapatkan informasi banyak gagasan atau karya mahasiswa yang luar biasa. Saya harap gagasan-gagasan tersebut tidak hanya berhenti pada karya ilmiah, namun dapat dilanjutkan ke tahap hilirisasi sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat lebih luas,” ujar Ainun.

Lebih lanjut Ainun mendorong agar Pimnas dapat dikembangkan lebih lanjut dengan adanya pekan ilmiah bersifat ilmiah tingkat regional yang mencakup semua perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Ainun mengucapkan selamat kepada para juara Pimnas dan bagi yang belum juara menjadikan Pimnas ini sebagai pengalaman dan pelajaran yang berharga..

Di akhir sambutannya Ainun mengucapkan terima kasih kepada Universitas Negeri Yogyakarta sebagai tuan rumah, Panitia, Dewan Juri dan para Peserta Pimnas atas penyelenggaraan yang berjalan baik dan lancar.

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Sutrisna Wibawa dalam laporannya menyampaikan Pimnas ke-31 dengan UNY sebagai tuan rumah dapat berjalan dengan baik. Tema yang diangkat dalam Pimnas kali ini adalah “Mewujudkan Mahasiswa Indonesia yang Unggul, Kreatif dan Inovatif Berlandaskan Ketaqwaan, Kemandirian dan Kecendekiaan dalam Bingkai Kebhinekaan”.

“ Sesuai dengan tema yang diangkat, Pimnas kali ini diharapkan tidak hanya menjadi ajang untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi mahasiswa di bidang akademik, namun juga menjadi menjadi ajang memupuk toleransi dan merajut persatuan dalam bingkai kebhinekaan,” ungkap Rektor UNY.

 

*Hentikan Dominasi UB, UGM Juara Umum Pimnas 2018*

 

Pimnas ke-31 di Universitas Negeri Yogyakarta menghadirkan Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai juara umum. UGM berhasil memperoleh raihan medali terbanyak sekaligus menghentikan dominasi Universitas Brawijaya yang merupakan juara umum pada tiga pelaksanaan Pimnas sebelumnya. Juara Umum Pimnas 2018 memperoleh Piala Bergilir Adhikarta Kertawidya yang diserahkan secara langsung oleh Sesjen Kemenristekdikti Ainun Na’im.

Berikut daftar 10 besar peringkat Pimnas 2018:

1.Universitas Gadjah Mada
2.Universitas Brawijaya
3. Universitas Diponegoro
4. Universitas Indonesia
5. Universitas Negeri Yogyakarta
6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
7. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
8. Universitas Airlangga
9. STKIP Muhammadiyah Sampit
10. Universitas Negeri Semarang

 

Pada tahun 2018, Pimnas ke-31 dengan Jumlah Peserta 440 Tim dengan 136 Perguruan Tinggi merupakan jumlah yang paling besar dibanding Pimnas sebelumnya. Sebanyak 1.523 mahasiswa dari 136 perguruan tinggi bertanding pada 7 bidang yakni Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM), yaitu PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Karsa Cipta (PKM-KC), dan PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT).

 

Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik
dan Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan
Kemenristekdikti