(Jakarta, 14/03/2018), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) menggelar Open House Iradiator Gamma Merah Putih. Kegiatan ini dimaksud untuk memperkenalkan manfaat dan kegunaan iradiator kepada masyarakat calon pengguna. Open House mengundang komunitas bisnis yang berada di sekitar wilayah Tangerang Selatan, Tangerang dan Bogor.

“Keberadaan Iradiator Gamma Merah putih harus bisa dimanfaatkan secara maksimal, cita-cita awal dari didirikannya iradiator ini adalah menfasilitasi komunitas bisnis di Tangerang Selatan dan sekitarnya agar produk-produk komoditasnya dapat  diradiasi untuk mempertahankan kualitas dan meningkatkan keamanan, mutu, dan daya simpan”, ujar Kepala BATAN, Djarot Sulistio Wisnubroto ketika menyambut para tamu Open House Iradiator Gamma Merah Putih di Kantor Iradiator Gamma Merah Putih, Kawasan Puspiptek Serpong, Tangerang Selatan, Rabu (14/03).

“Saya pernah berjanji pada Ibu Airin, Walikota Tangerang Selatan, ketika berbincang-bincang bahwa dengan adanya iradiator di Kawasan Nuklir Serpong harus bisa memberikan nilai tambah bagi Tangerang Selatan, maka ketika kami bangun Iradiator Gamma Merah Putih prioritas pertamanya adalah untuk komunitas bisnis di Tangerang Selatan dan sekitarnya,” lanjutnya.

“Iradiator merupakan teknologi yang tepat guna yang dipersembahkan BATAN bagi masyarakat, para perekayasa di BATAN pun siap membantu jika nantinya di daerah juga akan membangun iradiator,” tambahnya.

Teknologi iradiasi ini dapat memberikan banyak keuntungani khususnya untuk para pengusaha dan industri penghasil makanan, karena ada jaminan yaitu rasa makanannya tidak akan berubah, dan cara penyajiannya pun cukup mudah. Faktor utama yang menentukan keamanan iradiasi pada bahan pangan adalah berdasarkan aspek mikrobiologi, kimia radiasi, fisika, nutrisi, toksisitas, mikrobiologi, bahan pengemas, dan organoleptik.

Ibu Susi, dari PT Mandala Prima Makmur menyampaikan bahwa pihaknya menyambut baik adanya Iradiator Gamma Merah Putih, “Selama ini kami menghabiskan waktu yang cukup banyak untuk meng-iradiasi produk kami, karena lokasi pabrik kami yang berjauhan dengan tempat kami biasa melakukan iradiasi, dengan adanya Iradiator Gamma Merah Putih di Tangerang Selatan besar harapan kami untuk dapat ikut memanfaatkannya sekaligus untuk mempersingkat waktu yang kami butuhkan untuk melakukan proses iradiasi,” terangnya. (Wina)

sumber: http://www.batan.go.id/index.php/id/kedeputian/pendayagunaan-teknologi-nuklir/diseminasi-dan-kemitraan/4183-iradiator-gamma-siap-bantu-pebisnis-lokal-2