Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional sebagai lembaga litbang yang telah menghasilkan berbagai inovasi dan produk berpartisipasi dalam pameran Intellectual Property (IP Expo) yang berlangsung di Lapangan Parkir Timur , Monumen Nasional, Jakarta, Kamis ( 26/04). Acara yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM ini bertema “Generasi Indonesia yang inovatif, kreatif dan berkarakter”.

IP EXPO 2018 merupakan peringatan hari kekayaan intelektual sedunia ke 18 dan LAPAN baru pertama kali berpartisipasi dalam pameran ini. Kabag Humas LAPAN, Jasyanto mengatakan “bahwa kegiatan ini merupakan ajang promosi berbagai produk hasil litbang dan inovasi yang telah LAPAN lakukan dan telah tersertifikasi di Direktorat Jenderal Kekayaan Intektual (DJKI)”.

Lebih lanjut, ia menjelaskan kegiatan ini juga dapat menjalin sinergisitas antara lembaga litbang dan dunia industri sehingga produk dan inovasi dapat dimanfaatkan oleh dunia industri sehingga pemanfaatannya dapat dirasakan oleh masyarakat luas, jelas Jasyanto.

Penguji utama Kemenhukam, Dr Azhar dalam kunjungan ke stand LAPAN mengapresiasi berbagai produk dan hasil litbang LAPAN, Azhar berharap LAPAN terus berinovasi menghasilkan produk litbang yang berkualitas, memiliki nilai tambah dan bermanfaat bagi masyarakat serta tersertifikasi di Direktorat Jenderal Kekayaan Intektual (DJKI).

Hak kekayaan Intelektual (HKI) adalah hak yang timbul atas hasil olah pikir otak manusia yang menghasilkan suatu produk atau proses yang berguna untuk masyarakat luas. Saat ini LAPAN telah mendapatkan sertifikasi desain industri dari DJKI untuk pesawat N-219 nurtanio, LSU 03, dan roket uji muatan (RUM – LAPAN). Selain itu, LAPAN telah memiliki 13 hak paten dan 39 lainnya dalam proses sertifikasi/hak paten.

Dalam pameran ini juga LAPAN berhasil meraih juara 1 Lomba booth kategori terinovatif dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM. Pada pameran ini LAPAN menampilkan berbagai produk litbang seperti mock up satelit LAPAN A3/ORARI, miniatur pesawat tanpa awak LSU 03, Pesawat N219/nurtanio, roket uji muatan (RUM) dan infografis serta video grafis mengenai produk hak kekayaan intelektual inovasi litbang LAPAN. (humas/rz/Sur)

sumber: https://www.lapan.go.id/index.php/subblog/read/2018/4451/Intellectual-Property-Expo-2018-Pamerkan-Produk-Inovasi-Litbang-LAPAN-Raih-Juara-I-Lomba-Booth-Kategori-Terinovatif/berita