Unesa.ac.id-Surabaya, Unesa menambah lagi prestasi di kancah nasional. Kali ini mahasiswa Unesa berhasil meraih juara III dalam Kompetisi Debat Mahasiswa (KDMI) 2018 yang diselenggarakan di Universitas Negeri Malang (UM). Acara yang diselenggarakan selama 5 hari (17-21Agustus 2018) tersebut diikuti perguruan tinggi se-Indonesia yang telah lolos tahap regional. Unesa yang diwakili oleh Kevin S.P. Tuhumena (Pendidikan Bahasa Jerman 2017), Jasmine Nadhiyfa Syanni (Pendidikan Tata Busana 2017), dan Jihan Nabila (Pendidikan Bahasa Jerman 2017) merupakan salah satu tim dari 15 tim yang mengikuti kompetisi tersebut.

Menurut Kevin kendala yang tersulit adalah pengalaman serta menyiapkan argumen dan melihat kesalahan lawan. Seperti halnya melawan Universitas Indonesia yang memiliki jam terbang tinggi dibandingkan tim Unesa.

“meskipun kami mendapatkan juara III nasional dapat menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami mampu bersaing dengan universitas terkemuka di Indonesia,” ujarnya.

KDMI merupakan lomba debat mahasiswa yang menggunakan bahasa Indonesia. Dalam lomba tersebut menuntut wawasan yang luas, kemampuan berbahasa yang baik dan menguatkan argumentasi. Komunikasi yang lugas mampu berinteraksi dengan baik serta membuat argumentasi yang logis dan faktual merupakan nilai tambah dalam kompetisi tersebut.

Oleh karena itu Unesa akan selalu menyiapkan mahasiswanya dalam menunjang kemampuan diri mahasiswa untuk dapat berkompetisi di ajang apapun demi prestasi almamaternya. (why)

sumber: http://www.unesa.ac.id/tim-kdmi-unesa-sabet-juara-iii-nasional-kdmi-2018