Jurusan  Teknik Sipil dan Perencanaan Politeknik Negeri Pontianak kembali mengharumkan nama Kalimantan Barat di kancah nasional. Tim Enggang Corak Insang dari Jurusan Teknik Sipil Polnep berhasil mengukirkan prestasi, meraih Juara I Lomba Rancang Rangka Atap Nasional / PNB Engineering Scientific Competition (PESC) pada 4-5 Oktober 2018 di Bali. PESC digelar Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Bali.

Prestasi ini kami persembahkan bagi Polnep secara khusus dan masyarakat Kalimantan Barat secara umum,” ujar Indah Rosanti SST MT, Ketua Jurusan Teknik Sipil Polnep, dihubungi Sabtu, 06 Oktober 2018.

Menurutnya, pada tahap awal panitia menerima proposal dari 23 tim dari seluruh perguruan tinggi se-Indonesia. Sebelum pelaksanaan final lomba, ditetapkan terlebih dahulu lima proposal terbaik. Proposal dari Tim Enggang Corak Insang berhasil menduduki posisi terbaik ke-2.

Tim yang terdiri dari Fadli, Wiwik Wiharti, dan Muhammad Rylo Sutanto mengusung tema Rangka Atap berbentuk Tanjak Borneo. Mereka dibimbing langusng Indah Rosanti. Dalam final yang digelar di Bali, Tim Enggang Corak Insang berhasil meraih Juara I tingkat nasional.

Hasil tersebut didapat dari keputusan juri. Di mana, tim Teknik Sipil Polnep berhasil menyelesaikan pengerjaan rangka atap dalam 2,5 jam dari waktu 4 jam yang disediakan panitia. “Kami berharap, semoga keberhasilan ini bisa menjadi inovasi baru dalam dunia konstruksi di Indonesia, khususnya di Kalbar dalam bidang baja ringan,” kata Indah.

Sementara itu ditempat terpisah,  Ir H. Muhammad Toasin Asha, M.Si, Direktur Polnep bersyukur mahasiswanya kembali meraih prestasi nasional.  Alhamdulillah. kreativitas mahasiswa kami mampu berkompetisi di nasional dan meraih prestasi. Ini menunjukkan, apa yang selama ini diberikan sudah dapat diterapkan langsung mahasiswa kami. Tentu ini tidak lepas dari peran dosen, instruktur, manajemen, khususnya dari jurusan (Kajur). Pemberian materi ke mahasiswa sudah berjalan baik,” ujarnya.

Menurutnya, selama ini mahasiswa Polnep dari berbagai jurusan telah mengukirkan banyak prestasi di tingkat daerah, regional, nasional, bahkan internasional, ungkap Direktur Polnep.  Terakhir ini memang lebih banyak dari sipil untuk prestasi nasional. Untuk robotik dari Jurusan Elektro juga masuk regional di Jakarta. Jurusan Administrasi Bisnis dan Akuntansi juga pada bidang masing-masing, katanya.

Pada pelaksanaan Porseni tahun ini, mahasiswa Polnep pun mengukir prestasi beberapa bidang olahraga dengan meraih medali emas.  Jadi baik akademik maupun non akademik, mahasiswa kami terus mengukir prestasi. Prestasi mahasiswa juga menjadi penilaian tersendiri, ujarnya.

Ia juga memberikan apresiasi kepada mahasiswa berprestasi, berupa pembebasan uang kuliah satu semester. “Peraih medali emas porseni dan juara sipil ini, kami bebaskan / beasiswa uang kuliah satu semester. Harapan kami, ini menjadi motivasi bagi mahasiswa lain,” tutupnya.