Berkumpulnya 440 tim dari 136 Perguruan Tinggi se Indonesia dalam gelaran Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 31 di UNY, membutuhkan tenaga ekstra untuk mengkoordinir dan mengedarkan informasi. Dalam gelaran nasional, Muhammad Izzudin Mahali sebagai Koordinator Bidang Teknologi Informasi PIMNAS mengungkapkan bahwa panita kerap harus berkeliling bahkan berteriak.  Guna memastikan bahwa informasi mampu tersebar kepada seluruh pesertanya.

Untuk itulah, Izzudin bersama tim akhirnya merintis aplikasi PIMNAS 31. Dirintis sejak Juli 2018, aplikasi yang bisa diunduh melalui Google Playstore tersebut guna memudahkan penyediaan beragam informasi seputar kegiatan PIMNAS.

“Dengan demikian, tujuannya adalah memudahkan peserta dalam Pimnas sekaligus akses bagi masyarakat umum atas kompetisi ini,” ungkap Izzudin yang merintis aplikasi tersebut dengan tim yang ia juluki sebagai INFINITE UNY.

Fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi ini, diantaranya adalah kolom berita yang mengisahkan seputar PIMNAS. Tulisan berupa kisah kegiatan hingga karya-karya unik para peneliti yang tergabung dalam kompetisi PIMNAS, dapat dibaca dalam kolom yang kontennya diproyeksikan akan terus dikembangkan.

Selain itu, tersedia pula fitur PKM Classes. Dalam fitur ini, tersedia daftar kelas tempat peserta PKM berkompetisi, petunjuk ruangan, hingga basecamp dan hotel yang ditempati masing-masing kontingen dari perguruan tinggi peserta kelas. Fitur tersebut juga akan dilengkapi dengan peta dan petunjuk arahnya.

Disamping itu, fitur PKM Classes juga akan menyediakan live update yang memberi informasi atas kelompok atau kontingen mana yang belum, sudah, ataupun sedang melakukan presentasi saat itu juga. Semua data tersebut dilengkapidengan lokasi di ruang mana mereka melakukan presentasi.

“Sehingga ketika masyarakat atau para peminat PIMNAS ingin menyaksikan kreasi para peserta, bisa langsung datang ke ruangan sesuai dengan jadwal presentasi yang bersangkutan,” tutur Izzudin.

Guna menyebarluaskan perkembangan informasi seputar PIMNAS, aplikasi ini juga menghadirkan feature pengumuman lengkap dengan kemampuan Push Notification dalam aplikasi. Keberadaan push notification, membuat handphone yang telah menginstall aplikasi PIMNAS dapat berdenting atau bergetar jika ada pemberitahuan yang penting atau mendesak. Termasuk, pengingat atas jadwal presentasi mahasiswa atau kelompok

“Dengan demikian, kalau ada perubahan jadwal atau ruangan, tidak ada lagi ceritanya mahasiswa kesasar atau tidak tahu lokasinya. Semua ada reminder (pengingat),” ungkap Izzudin.

Beberapa fitur pelengkap berupa informasi peta lokasi kegiatan, kontak nomor-nomor penting dan panitia, jadwal dan rundown acara, serta SSID untuk akses internet juga tersedia dalam aplikasi tersebut. Khusus unutk informasi peta lokasi kegiatan, Izzudin mengungkapkan bahwa pihaknya jug menyertakan simbol khusus pada masjid yang menggelar sholat Jum’at.

Dengan demikian, para peserta yang tersebar di berbagai fakultas dan berbagai hotel takkan keliru memilih tempat ibadah layaknya musholla yang tidak menggelar Sholat Jum’at.

“Dengan semua fitur tersebut, kami juga berharap bahwa kegiatan dan kampus juga punya aplikasi sendiri untuk menunjukkan bahwa digitalisasi benar-benar ada di segala lini. Kita sebagai institusi pendidikan tak boleh sekedar jadi pengguna. Tapi bisa menciptakan, sekaligus mengembangkannya bersama-sama,” pungkas Izzudin. (ILHAM)

sumber: https://www.uny.ac.id/berita/semua-info-pimnas-31-uny-tersedia-dalam-satu-aplikasi