PP-IPTEK untuk kesekian kalinya menyelenggarakan kegiatan pelatihan berbasis media pembelajaran bagi guru-guru sains di seluruh Indonesia. Kali ini kegiatan pelatihan guru sains dilakukan di Kabupaten Jombang, Jawa Timur pada tanggal 18 September 2018 khusus untuk guru sains SMA, SMK dan MA se-Kabupaten Jombang yang berlokasi di Auditorium SMAN 3 Jombang.

Pelatihan pembuatan media pembelajaran sains di sekolah ini diselenggarakan dalam rangkaian kegiatan Science For All (SFA) di Kabupaten Jombang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Fisika di Kabupaten Jombang. Selain kegiatan Pelatihan bagi guru sains, SFA juga akan menampilkan Kompetisi Roket Air bagi siswa berusia 12-16 tahun se-Kabupaten Jombang pada tanggal 19 September 2018 yang nantinya 10 pemenang terbaik akan dikirim sebagai delegasi Kabupaten Jombang di ajang Kompetisi Roket Air Nasional (KRAN) di PP-IPTEK Jakarta pada tanggal 28 September – 1 Oktober 2018.

Pelatihan hari ini dihadiri oleh 65 guru SMA, SMK dan MA yang berasal dari 65 sekolah di Kab. Jombang. Kegiatan pelatihan guru ini dibuka oleh Direktur PP-IPTEK, Kemenristekdikti, Syachrial Annas dan hadir juga dalam acara pembukaan pelatihan dari Dinas Pendidikan Prov. Jawa Timur yang diwakilkan oleh Pengawas Cabang Dinas Pendidikan Kab. Jombang, Suyono. Dalam sambutannya, Syachrial Annas menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan ini dilakukan agar pandangan masyarakat, khususnya di Jombang terhadap sains menjadi suatu hal yang menyenangkan, tidak sulit dan menarik dengan cara-cara yang sederhana.

Metode pembelajaran sains yang sederhana namun menyenangkan merupakan metode yang selama ini diusung oleh PP-IPTEK sebagai science center dalam memperkenalkan dan mengkomunikasikan sains kepada masyarakat, khususnya generasi muda. Masyarakat dibuat merasa senang dan terhibur terlebih dahulu dalam belajar sains melalui penyajian peragaan dan pertunjukan sains yang interaktif agar apa yang dipelajari oleh masyarakat dapat dengan mudah dipahami dan berkesan.

Dalam pelatihan ini, PP-IPTEK juga menggandeng Universitas Negeri Surabaya (UNESA) sebagai penyiap materi dan narasumber, Imam Sucahyo yang membawakan topik tentang kelistrikan dan fluida. Selain Iman Sucahyo, narasumber dari PP-IPTEK, Kemenristekdikti, Hendra Suryanto khusus membawakan materi peranan science center sebagai media pembelajaran sains masyarakat. PP-IPTEK pun menyajikan beberapa topik pertunjukan sains yang spektakuler dan menantang bagi peserta workshop, seperti pertunjukan nitrogen dan api.

Suyono selaku pengawas di Cabang Dinas Pendidikan Kab. Jombang mengharapkan dengan mengikuti pelatihan ini kualitas para guru peserta pelatihan menjadi meningkat sehingga menjadi pengalaman terbaik para guru dalam mengajar di kelas dan merupakan tindakan terbaik dari seorang guru. Tindakan terbaik ini kemudian sangat perlu untuk ditularkan dan didesiminasikan pada guru yang lain agar menjadi sebuah pembelajaran yang efektif dan efisien. Harapan lain dari diselenggarakannya pelatihan ini agar para guru dalam pembelajaran fisikanya menjadi lebih menarik, lebih bermakna dan membudayakan sains kepada anak didik, ujar Ismail selaku Ketua Panitia. (Humas PP-IPTEK)