Untuk yang ke dua kalinya Politeknik Negeri Pontianak dan Politeknik Muka Sarawak (PMU) melakukan MoU dan kerjasama ini merupakan perpanjangan. Sebelumnya MoU ditandatangani pertama kali pada tanggal 29 Mei 2012. Sekarang merupakan perpanjangan kerjasama yang ke dua, ujar M. Ali Hubungan Internasional Politeknik Negeri Pontianak.

Direktur Politeknik Negeri Pontianak berharap, perpanjangan kerjasama antara Politeknik Negeri Pontianak dengan Politeknik Muka Sarawak diharapkan lebih meningkatkan berbagai bidang kerjasama kedua belah pihak. Ia juga mengungkapkan, bahwa Politeknik Muka Sarawak bagi Politeknik Negeri Pontianak seperti saudara sendiri. Untuk sekian kalinya melakukan pertemuan dalam rangka menindaklanjuti MoU.

Sementara itu, Konsulat Malaysia Mohiuddin Gahzali  mengatakan, kerjasama ke dua perguruan tinggi serumpun (Indonesia dan Malaysia), merupakan langkah positif dalam upaya meningkatkan kerjasama pendidikan ke dua Negara. Kerjasama ke dua perguruan tinggi ini diharapkan terus ditingkatkan dimasa akan datang.

Direktur Politeknik Muka Serawak Abdubrani bin Yunus mengatakan, kerjasama antara Polnep dan PMU sudah berjalan 6 tahun dan hari ini merupakan perpanjangan kerjasama kedua. Sebelumnya pihak Polnep dan PMU sudah melakukan kerjasama dan sudah berjalan, sekarang ini ke dua belah pihak memperpanjang kembali kerjasamanya. Ia juga berharap kerjasama kedua perguruan tinggi  memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan baik Polnep maupun PMU.

Ditempat terpisah, Ketua Hubungan Internasional M. Ali mengungkapkan, kerjasama antara Politeknik Negeri Pontianak dan Politeknik Muka Serawak  yang telah dilakukan diantaranya :  Joint International Research Seminar/Sseminar Hasil Penelitian Bersama; Visiting professor/dosen tamu; Pertukaran mahasiswa dan tahun 20017 Polnep telah mengirimkan 7 mahasiswa dan 2 orang dosen selama 2 minggu ke Politeknik Muka Serawak. Selain  itu, kerjasama yang dilakukan lainnya adalah Joint Supevision dimana dosen Polnep diundang untuk menjadi bagian tim penilai tugas akhir mahasiswa Politeknik Muka Serawak.

Penandatangan MoU antara Politeknik Negeri Pontianak dan Politeknik Muka Serawak dilaksanakan pada hari Rabu, 19 September di aula Jurusan Akuntansi yang dihadiri selain pejabar Poltek Muka juga dihadiri  Pembantu Direktur I, II Politeknik Negeri Pontianak. Kegiatan MoU juga dilanjutkan diskusi dan peninjauan fasilitas yang ada di Polnep oleh Politeknik Muka Serawak.

(Erwandi – Pranata Humas Muda)